Passover atau Easter? Manakah yang Benar?
Sumber: popmama.com

News / 15 March 2023

Kalangan Sendiri

Passover atau Easter? Manakah yang Benar?

Bella Tiurma Official Writer
3600

Paskah adalah hari raya besar umat Kristen untuk memperingati kebangkitan Yesus. Salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang percaya selain hari natal. Sebagian besar orang percaya merayakan hari raya paskah dengan saling bertukar ucapan. Jika dilihat lebih teliti, ada beberapa yang menyebutkan hari raya paskah dengan Passover atau Easter. Tapi manakah yang benar dari dua kata tersebut? 

Banyak perdebatan yang telah diketahui mengenai istilah yang benar untuk mengucapkan paskah. Jika dilihat dari makna Paskah pada masa sekarang merujuk pada Perjanjian Baru ini memiliki tiga peristiwa penting untuk umat Kristen, yaitu penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus. 

Baca Juga : Easter Tidak Sama dengan Paskah Bahkan Bertentangan (1/2)

Kata Easter dalam Alkitab 

Kata “Easter” sebenarnya tidak terdapat dalam Alkitab asli. Namun, satu terjemahan bahasa Inggris dari Alkitab memang menggunakan kata Easter, yaitu terjemahan dari King James Version dari kitab Kisah Para Rasul 12 : 4. 

“And when he had apprehended him, he put him; intending after Easter to bring him forth to the people.” 

Kitab Kisah Para Rasul aslinya ditulis dalam bahasa Yunani yang diterjemahkan oleh Versi King James sebagai “Easter” sebenarnya adalah kata “Pascha” dalam bahasa Ibrani, yang berarti “Paskah”. Sedangkan melihat pada terjemahan New King James Version didalam kitab yang sama menyebutkan. 

“And when he had apprehended him, he put him in prison, and delivered him to four squads of soldiers to keep him, intending after the Passover to bring him forth to the people.”. 

Berdasarkan kutipan yang diambil dari laman website Katolisitas, menjelaskan bahwa kata “Easter” berakar dari kata “Eostur” yang berarti musim kebangkitan yang mengacu pada musim semi. Hal ini dapat terjadi melihat dari penyebutan kata tersebut yang sekilas mirip. Sehingga kata “Easter” bersumber dari penggenapan nubuat Perjanjian Lama di dalam kurban Salib Kristus yang memberikan buah kebangkitan. 

Baca Juga : Easter Tidak Sama dengan Paskah Bahkan Bertentangan (2/2)

Kata Passover dalam Alkitab 

Passover merupakan bahasa inggris dari Pascha yang diartikan dari bahasa Yunani. Istilah Passover/Pascha muncul pada Perjanjian Baru, yang mengisahkan bangsa Mesir menerima tulah ke-10 dari Tuhan, yaitu kematian anak sulung di tanah Mesir. Namun Tuhan melewati setiap pintu yang terdapat darah anak domba. Sehingga dari persitiwa melewati tulah ini bangsa Israel dapat dibebaskan setelah melalui peristiwa paskah yaitu Penubuatannya tentang Kristus, Mesias akan datang. 

Dengan demikian, penggunaan kata Passover atau Easter memiliki arti yang sama mengacu pada kebangkitan, yaitu kebangkitan Kristus. 

 

Sumber : Katolisitas.org; student-activity.binus.ac.id 

Halaman :
1

Ikuti Kami