Begini Sikap Orang Tua Menghadapi Kehidupan Popularitas Anak
Sumber: freepik.com

Parenting / 13 March 2023

Kalangan Sendiri

Begini Sikap Orang Tua Menghadapi Kehidupan Popularitas Anak

Bella Tiurma Official Writer
1200

Sukses atau terkenal merupakan suatu keadaan yang pasti setiap orang inginkan dan dapat melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Bahkan anak rela mengorbankan harta kekayaan demi mendapatkan yang anak inginkan. Seorang anak yang memiliki popularitas di media sosial biasanya mempengaruhi sikap dan perilaku anak dalam berinteraksi. 

Dukungan dan pendampingan secara fisik dan psikis dari orang tua tentu menjadi hal yang penting bagi anak di dalam meniti popularitasnya. Mungkin Anda adalah salah satu orang tua yang sedang menghadapi popularitas anak? Kadang Anda pasti merasa takut atau cemas kalau-kalau anak akan sulit mengatasi setiap tantangan yang ia hadapi.  Namun di sisi lain, Anda bingung harus berbuat apa. Jika Anda  merasa perlu mendapatkan solusi, coba lakukan 4 hal ini saja. 

1. Bonding orang tua kepada anak 

Keterikatan dan kedekatan orang tua dan anak dapat dibentuk dalam perasaan nyaman atau tidak. Tingkat nyaman dan tidak seorang anak dapat dilihat dari kedekatannya kepada orang tua. Ketika anak merasa nyaman kepada orang tua, maka anak dapat bebas bercerita, berkeluh kesah dan meluapkan emosi kepada orang tua. Sehingga orang tua dapat mengetahui perkembangan anak dan mengetahui ketika anak sedang menghadapi sebuah masalah. 

2. Meningkatkan kepercayaan diri anak 

Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor pendukung popularitas anak. Kepercayaan diri juga sangat diperlukan dalam menghadapi orang atau situasi baru, mencoba sesuatu hal baru, mengatasi masalah, tekanan, dan tantangan sekalipun. Anak yang memiliki kepercayaan diri yang baik dapat mengembangkan perilaku sosial yang tentunya positif. Oleh karena itu, orang tua dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dengan menunjukkan kasih sayang, memiliki quality time bersama, dan menanamkan rasa tanggung jawab. 

3. Orang tua dapat mengontrol emosi anak 

Anak yang memiliki popularitas umumnya dapat mengontrol emosi di dalam dirinya daripada teman seumurannya yang tidak memiliki popularitas. Hal ini dapat terjadi karena orang tua mengajarkan anak bagaimana cara mengelola emosi. 

Ketika anak mengekspresikan emosi yang dirasakan, sebaiknya orang tua tidak meremehkan bahkan tidak menganggap itu hal yang tidak penting. Hal ini akan mengakibatkan efek psikologis yang berbahaya terhadap perkembangan emosi anak. Oleh karena itu, hal ini suatu aspek yang penting untuk dapat menjadi perhatian para orang tua dalam perkembangan anak menjalani kehidupan popularitas. 

4. Menghadapi masalah secara positif 

Ketika anak memiliki popularitas apalagi di dunia media sosial, tentu anak akan menemukan berbagai macam netizen yang berkomentar di halaman media sosialnya. Orang tua maupun anak tidak dapat mengontrol siapa yang mengunjungi media sosial dan berkomentar positif atau negatif. Oleh karena itu, pada saat anak menemukan hal-hal yang negatif atau yang kurang menyenangkan hati tentu peran orang tua sangat dibutuhkan. Orang tua dapat memberikan wawasan dan alasan mengapa orang lain dapat berperilaku seperti itu dengan sudut pandang yang positif. Dengan mengingat bagaimana kebaikan datang kepada anak dan membiasakan anak untuk selalu berpikir positif juga membantu anak dalam mengubah pola pikir untuk melihat secara objektif.  

 

Anak yang memiliki popularitas yang tinggi seringkali membuat sebagian orang tua takut akan sikap dan perilaku anak dalam menjalani kehidupannya. Oleh karena itu, setiap orang tua dapat mencoba beberapa tips diatas untuk membentuk hubungan dan kepercayaan anak kepada orang tua. 

 

Sumber : parentingindonesia; haibunda.com 

Halaman :
1

Ikuti Kami