Ternyata Bukan Cuma Tidur, Istirahat Ada 7 Jenis Loh!
Sumber: pexels.com

Health / 11 March 2023

Kalangan Sendiri

Ternyata Bukan Cuma Tidur, Istirahat Ada 7 Jenis Loh!

Wisnu Prianggani Contributor
1504

Apakah Anda akhir-akhir ini sering merasa kelelahan padahal sudah banyak istirahat atau tidur? Mungkin Anda juga pernah bertanya-tanya mengapa tidak ada bedanya antara tidur dengan waktu yang lama dan tidur dengan waktu yang sebentar saja. Sebelumnya kita perlu menyadari bahwa sebenarnya istirahat adalah hal penting yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Apalagi di dalam kehidupan yang sibuk dan penuh tekanan seperti sekarang ini, seharusnya istirahat bukanlah hal yang bisa dianggap remeh.

Faktanya banyak orang yang selalu merasa kelelahan dan tidak produktif ketika bekerja. Istirahat sebenarnya bukan hanya tidur di siang atau di malam hari saja. Ada banyak jenis istirahat yang ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional kita.

Ada 7 jenis istirahat yang bisa Anda praktikkan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap hari.

1. Istirahat Fisik

Istirahat fisik adalah istirahat yang paling sering kita lakukan setiaphari dan sangat penting dilakukan untuk menghindari kelelahan dan cedera pada tubuh ketika beraktifitas. Salah satu bentuk istirahat fisik yang paling mudah dan bermanfaat adalah tidur yang cukup. Masing-masing memiliki waktu tidur idealnya, ada yang sebentar dan ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama dari yang lain. Tidur yang cukup akan membantu tubuh Anda untuk memulihkan tenaga dan memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh. Selain itu, jangan lupa untuk mengambil istirahat sejenak ketika Anda melakukan aktivitas fisik yang berat untuk menghindari cedera.

 

Baca Juga: 3 Hal Ini yang Harus Dilakukan di Hari Sabat

 

2. Istirahat Mental

Istirahat ini mungkin paling banyak dibutuhkan oleh kita yang seringkali terlalu fokus pada pekerjaan dan tugas-tugas yang membutuhkan pikiran kita. Hal ini bisa membuat kita kelelahan secara mental. Untuk menghindari kelelahan mental, Anda perlu mengambil istirahat dari kegiatan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi. Beberapa cara yang bisa Anda coba adalah melakukan hal yang anda sukai seperti membaca buku, menonton film, atau bahkan hanya duduk dan merenung sangat membantu mental kita untuk beristirahat.

 

3. Istirahat Emosional

Stres dan tekanan hidup bisa membuat kita merasa emosional. Istirahat emosional sangat penting untuk memastikan kita tetap stabil secara emosional. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membiasakan diri untuk melakukan aktivitas yang membawa kebahagiaan, seperti berbicara dengan teman dekat atau melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bermain game atau memasak.

 

4. Istirahat Sosial

Bersosialisai tanpa disadari memang melelahkan, bahkan seringkali kita terlalu sibuk dengan kehidupan sosial kita sehingga lupa untuk mengambil waktu untuk diri sendiri. Istirahat sosial adalah waktu untuk menyendiri dan merenung untuk menghilangkan rasa cemas dan stres yang mungkin tidak kita sadari. Hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan hidup dan menghindari kelelahan secara emosional.

 

Baca Juga: Biar Nggak Kayak Zombie Karena Imsonia, Inilah Yang Orang Kristen Harus Lakukan. Ampuh!

 

5. Istirahat Sensorik

Kita hidup dalam dunia yang dipenuhi dengan stimulus yang sangat banyak, seperti cahaya terang, suara bising, dan paparan layar gadget yang berlebihan. Istirahat sensorik adalah waktu untuk mengurangi stimulasi tersebut, sehingga kita dapat meredakan kelelahan sensorik. Anda bisa mencoba mematikan lampu, menutup telinga, atau bahkan pergi ke tempat yang sunyi dan tenang untuk mengambil waktu istirahat dari stimulus tersebut.

 

6. Istirahat Kreatif

Apakah Anda mendapatkan gambaran dari jenis istirahat satu ini? Jadi, kita seringkali merasa terlalu fokus pada kreativitas yang kita miliki, sehingga kita menjadi kehabisan inspirasi dan energi untuk melakukan hal yang kreatif. Istirahat kreatif adalah waktu untuk melepaskan diri dari tekanan untuk berkarya dan menemukan kembali inspirasi kita. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan yang tidak terkait dengan kreativitas, seperti berjalan-jalan di luar ruangan atau hanya menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga.

 

7. Istirahat Spiritual

Terakhir, istirahat sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Istirahat spiritual adalah mengambil waktu untuk mengambil jeda dari kesibukan sehari-hari dan memusatkan perhatian pada koneksi dengan sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membaca firman Tuhan, menyembah, berdoa, atau hanya menghabiskan waktu pribadi dengan Tuhan di umah untuk merenung dan bersyukur.

 

Baca Juga: Kesibukan Bikin Hidupmu Terengah-engah? Beristirahatlah Sejenak di Hadirat Tuhan

 

Di dalam dunia yang sibuk dan penuh tekanan seperti sekarang, istirahat adalah hal yang penting diperhatikan untuk bisa menjaga keseimbangan dan kesehatan diri kita. Terkadang kita perlu mengambil waktu untuk diri sendiri dan melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari supaya kita bisa menemukan kembali keseimbangan dan kedamaian dalam hidup kita. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil waktu istirahat dari waktu ke waktu, dan jangan biarkan kelelahan menguasai hidup Anda. Satu hal yang pasti, seperti yang Matius 11:28 katakan, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu." Kamu tidak akan dibiarkan Tuhan sendiri menghadapi kelelahan atau bahkan musim berat yang sedang Anda lalui saat ini

Bagi Anda yang merasa sedang lelah dan membutuhkan doa, jangan ragu untuk menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN di kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/InginDidoakan

Kami siap mendengarkan dan mendoakan Anda.

Halaman :
1

Ikuti Kami