Rahasia Awet Muda Sekaligus Menjadi Pahlawan Kemanusiaan, Cari Tahu Yuk!
Sumber: www.surakarta.go.id

Health / 10 March 2023

Kalangan Sendiri

Rahasia Awet Muda Sekaligus Menjadi Pahlawan Kemanusiaan, Cari Tahu Yuk!

Aprita L Ekanaru Official Writer
1928

Penuaan merupakan sebuah proses alami yang akan dijalani oleh setiap orang. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempercepat proses penuaan, seperti gaya hidup yang tidak sehat dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Tanda-tanda penuaan seperti keriput, flek hitam, dan kulit kendur seringkali dianggap sebagai masalah kosmetik yang dapat merusak kepercayaan diri.

Namun, tahukah Anda bahwa donor darah bisa menjadi rahasia awet muda? Donor darah bukan hanya memberikan manfaat kesehatan bagi penerima transfusi, tetapi juga bagi pendonornya. Inilah mengapa donor darah menjadi salah satu kegiatan rutin yang sangat bermanfaat.

 

BACA JUGA: Syarat yang Perlu Diperhatikan Sebelum Donor Darah

 

Berikut adalah beberapa manfaat donor darah untuk menjaga kesehatan dan kulit awet muda:

1. Regenerasi darah

Donor darah mendorong produksi sel darah merah baru, yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian, kulit mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, sehingga menjadi lebih cerah dan sehat. Selain itu, regenerasi darah juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit.

2. Produksi kolagen

Kolagen adalah protein penting yang berperan dalam menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit. Rutin donor darah mendorong produksi kolagen 2x lebih banyak, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan tampak lebih muda.

3. Mengurangi kelebihan zat besi

Kelebihan zat besi dalam tubuh dapat memicu penuaan kulit. Donor darah secara teratur dapat membantu mengeluarkan kelebihan zat besi dari tubuh, sehingga kulit tetap sehat dan awet muda.

4. Bakar kalori

Setiap kali Anda mendonorkan 450 ml darah, tubuh Anda membakar kurang lebih 650 kalori. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan dan memperlambat proses penuaan.

 

BACA JUGA: Donor Darah Bisa Bikin Kita Lebih Sehat dan Panjang Umur?

 

Selain bermanfaat bagi kesehatan dan membuat kulit jadi awet muda, donor darah juga memiliki manfaat sosial yang besar. Setiap 8 detik, ada satu orang yang memerlukan transfusi darah di Indonesia. Dengan mendonorkan darah, Anda bisa menjadi pahlawan kemanusiaan bagi mereka yang membutuhkan.

Tunggu apalagi? Daftarkan diri Anda ke WA: 0859 2121 3434 (Linda Dewi). Jangan lupa untuk datang pada Kamis, 16 Maret 2023 di Gedung Multicommtech, Lippo Cikarang.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami