Donor Darah Bisa Bikin Kita Lebih Sehat dan Panjang Umur?
Sumber: canva.com

Health / 9 March 2023

Kalangan Sendiri

Donor Darah Bisa Bikin Kita Lebih Sehat dan Panjang Umur?

Claudia Jessica Official Writer
1402

Salah satu kegiatan yang dapat memberikan segudang manfaat bagi diri kita sendiri sekaligus orang lain adalah donor darah. Anda pasti tahu kalau sumbangan darah Anda bisa menyelamatkan orang lain, tapi apakah Anda juga tahu kalau donor darah juga bisa membuat kita menjadi lebih sehat dan panjang umur lho. Kok bisa ya?

Donor darah memperpanjang umur?

Melansir dari Halodoc, penelitian yang dilakukan oleh Mental Health Foundation menunjukkan bahwa kegiatan donor darah mampu menjaga kesehatan emosi seseorang. Hal ini dinilai mampu mengurangi tingkat stres yang dialami seseorang sehingga dapat membantu menghilangkan perasaan negatif.

Namun sebagai orang percaya, kita yakin bahwa hidup dan mati kita telah ditentukan oleh Tuhan. Tuhan menciptakan kita, Dia yang merancang kelahiran, kehidupan, hingga kematian kita. Kita diberikan amanat untuk menjaga tubuh kita dan semua yang Tuhan titipkan kepada kita.

Selain itu, perlu diketahui bahwa donor darah mampu meningkatkan kesehatan pendonornya lho. Apa saja ya?

#1 Donor darah dapat meningkatkan produksi darah dalam tubuh

Proses donor darah membantu kita menghilangkan sel-sel darah merah yang lebih tua dari tubuh kita, kemudian tubuh akan memproduksi sel darah baru untuk menggantinya. Proses ini akan meningkatkan produksi sel darah merah yang lebih sehat, meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh yang dapat meningkatkan kesehatan dan kinerja tubuh. Maka dari itu, donor darah sangat cocok untuk Anda yang kelebihan sel darah merah.

#2 Mengurangi risiko penyakit jantung

Ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa donor darah secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung hingga 88 persen. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa donor darah dapat membantu mengurangi jumlah zat besi dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko pengendapan lemak dalam arteri. Zat besi berlebih dalam darah diketahui berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung

 

BACA JUGA: Setelah Donorkan Darah, Ini Hal yang Patut Dilakukan!

 

#3 Menjaga kesehatan mental

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Health Psychology, orang yang rutin mendonorkan darahnya memiliki perasaan yang lebih bahagia dan puas dengan hidup mereka.

#4 1 kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa

Satu kantong darah biasanya berisi 450-500 ml darah yang dapat membantu untuk menyelamatkan tiga nyawa. Pasalnya, sekantong darah yang Anda donorkan dapat dipisahkan menjadi beberapa komponen yang berbeda, seperti sel darah merah, plasma, dan trombosit. Ketiganya dapat digunakan untuk membantu mengobati berbagai jenis kondisi medis. Setiap komponen darah ini dapat digunakan untuk membantu mengobati berbagai jenis kondisi medis, seperti anemia, kekurangan plasma, dan penyakit jantung.

Namun, hal ini tentu tergantung pada kebutuhan dan kondisi pasien yang menerima transfusi darah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktanya ada beberapa orang yang merasa takut tentang proses mendorokan darah, dan sebagian lainnya terhalang untuk mendonorkan darah karena kondisi medis yang menghalangi mereka. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk memperjelas informasi tentang donor darah dan membantu orang lain memahami dampak positif yang diperoleh dari donor darah. Hal ini juga dapat membantu mengurangi stigma atau ketakutan yang terkait dengan donor darah.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendonorkan darah, Obor Berkat Indonesia bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kab Bekasi untuk mengadakan kegiatan donor darah yang akan diadakan pada hari Kamis, 16 Maret 2023 di Gedung Multicommtech (CBN Indonesia) mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Daftarkan diri Anda untuk melakukan donor darah di OBI, klik tombol di bawah:

Apa saja syarat yang perlu diperhatikan untuk mendonorkan darah? Selengkapnya kita bahas di artikel berikut: Syarat yang Perlu Diperhatikan Sebelum Donor Darah

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami