Ingin Menikah? Pahami Tujuan Pernikahan Dalam Kristen
Sumber: freepik.com

Marriage / 6 March 2023

Kalangan Sendiri

Ingin Menikah? Pahami Tujuan Pernikahan Dalam Kristen

Bella Tiurma Official Writer
1408

Pernikahan adalah sebuah komiten antara wanita dan laki-laki yang ditetapkan Tuhan untuk hidup bersama seumur hidup. Pernikahan dalam Kristen merupakan penyatuan rohani oleh Allah yang harus terus menjalankan hubungan secara rohani maupun spiritual yang benar dengan Tuhan. Sehingga setiap pasangan muda yang ingin menikah dapat memahami tujuan pernikahan dalam kristen menjadi panduan dasar setiap pasangan. 

Secara umum, setiap pasangan yang ingin menikah harus pahami tujuan pernikahan dalam Kristen memiliki hal yang sama dengan tujuan pernikahan. Tuhan akan memasang-masangkan setiap ciptaan-Nya untuk bersama dan mengikat janji suci untuk sehidup dan semati atas nama Kristus dengan penuh cinta dan kasih. 

Tak jarang pasangan muda bahkan pasangan suami istri yang sudah menjalin rumah tangga yang cukup lama saat ini memilih untuk tidak memiliki anak dimana hal ini sudah jauh dari tujuan pernikahan dalam Kristen. Apakah keputusan ini menjadi keputusan bersama atau hanya keputusan salah satu pihak yang berakibat terjadi perselisihan dalam memaknai tujuan pernikahan dalam Kristen. Sehingga jika terjadi suatu masalah dalam pernikahan menyelesaikan dengan perceraian. 

Berikut tujuan pernikahan dalam Kristen menurut Alkitab. 

1. Beranak cucuk dan bertambah banyak  

Dalam suatu pernikahan setiap pasangan suami istri tentu ingin memiliki keturunan, dimana dapat diartikan bahwa kelahiran seorang anak merupakan tujuan teratas dalam pernikahan dengan memberikan cinta dan kasih. 

“Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” - Kejadian 1 : 28 

 

2. Saling Melengkapi 

Seperti yang tertulis di dalam Kejadian 2 : 18 “ Tuhan Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”. Oleh sebab itu, Allah menghendaki setiap pernikahan di dalam Kristus dapat saling melengkapi dimana setiap pasangan suami istri dapat saling menolong dan saling menghibur, baik di dalam suka maupun duka, dalam susah maupun senang. 

 

Baca Juga : 20 Cara Membangun Cinta yang Tak Lekang Oleh Waktu

3. Berkomitmen 

Dalam sebuah ikatan pernikahan Allah telah menegaskan bahwa setiap pasangan suami istri memiliki tujuan untuk menjalin sebuah komitmen saling mengasihi dan mencitai yang saling memberi satu sama lain. Dimana tertulis di dalam Kejadian 2 : 24 bahwa seorang laki-laki akan bersatu dengan istrinya sehingga keduanya menjadi satu daging. 

 

4. Kebahagiaan 

Tujuan pernikahan dalam Kristen tentunya untuk menikmati kesenangan dan kebahagiaan, mereka dapat melakukan hal bersama di dalam ikatan suci, yakni berekreasi bersama dan menikmati hubungan suami istri yang layak. Hal ini sesuai dengan firman Tuhan yang tertulis di dalam 1 Korintus 7 :  3- 4 yang berbunyi demikian. 

“Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.”. 

Hal ini dapat disimpulkan bahwa seks yang dilakukan oleh sepasang suami istri merupakan berkat yang diberikan Tuhan untuk menuju kebahagiaan bersama. 

 

5. Menampilkan Citra Allah 

Untuk mencapai tujuan ini setiap manusia diberikan akal sempurna oleh Allah untuk menjalankan sebuah tanggung jawab memelihara dan melestarikan seluruh makhluk ciptaan-Nya. Selain itu, dalam pernikahan setiap keturunan dipersiapkan untuk menjadi manusia yang seutuhnya, manusia yang selalu mengingat Tuhan, dan manusia yang takut akan Tuhan. 

Baca Juga : Peran Roh Kudus dalam Pernikahan Kristen

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum melangkah lebih lanjut ke jenjang pernikahan setiap pasangan muda bahkan untuk pasangan yang telah menjadi sepasang suami istri memahami  tujuan mendasar dalam pernikahan Kristen.

Halaman :
1

Ikuti Kami