[VIDEO] Fakta Alkitab: Sejarah Kejatuhan Israel, Perang Akhir Israel Merdeka (Part 6)
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 26 February 2023

Kalangan Sendiri

[VIDEO] Fakta Alkitab: Sejarah Kejatuhan Israel, Perang Akhir Israel Merdeka (Part 6)

Claudia Jessica Official Writer
2086

Ini adalah bagian akhir dari seri Sejarah Kejatuhan Israel. Kalau mengikuti kejatuhan dan pembuangan bangsa Israel ini sejak zaman raja Yosia sampai perang salib kalian, kita akan tahu betapa sengsaranya Bangsa Israel dari tanahnya sendiri selama berabad-abad.

Bagi kamu yang belum baca atau menontonnya, bisa klik link yang ada di bawah ini ya:

[VIDEO] Fakta Alkitab: Sejarah Kejatuhan Israel, Masa Pembuangan Terbesar (Part 1)

[VIDEO] Fakta Alkitab: Sejarah Kejatuhan Israel, Membangun Kembali Bait Suci (Part 2)

[VIDEO] Fakta Alkitab: Sejarah Kejatuhan Israel, Kehancuran Kota Yerusalem (Part 3)

[VIDEO] Fakta Alkitab: Sejarah Kejatuhan Israel, Sejarah Masuknya Islam ke Tanah Perjanjian (Part 4)

[VIDEO] Fakta Alkitab: Sejarah Kejatuhan Israel, Perang Salib, Islam vs Kristen (Part 5)

Pada tahun 1897 M, terjadi sebuah kongres orang Yahudi di diaspora pertama yang diselenggarakan di Basel, Swiss. Diaspora sendiri merupakan penduduk asli suatu negara yang tersebar di luar negeri. Herzl mulai dikenal dengan gagasan Zionisme yang sama dengan Aliyah (orang Yahudi kembali ke Israel). Aliyah kedua terjadi pada tahun 1904-1914 dari Rusia dan Polandia.

Di tahun 1909 Kibbutz pertama dibangun di Degania, Tel Aviv. Kibbutz merupakan kampung Yahudi yang terintegrasi secara sosial-ekonomi. Pada awal abad 20 ini, Ottoman kalah dari Inggris setelah berkuasa selama 400 tahun berkuasa di Israel. Hal ini menandai keruntuhan kekhalifahan Islam terakhir.

Deklarasi Balfour yang dikeluarkan oleh Inggris pada tahun 1817 berisikan pernyataan publik yang mengumumkan dukungan pendirian “tanah air bagi orang Yahudi” di Palestina. Saat itu, daerah tersebut merupakan sebuah kawasan Utsmaniyah dengan populasi minoritas Yahudi.

Keruntuhan kekhalifahan Islam membuat Inggris berkuasa atas Israel di tahun 1918-1948. Inggris memihak pada kemerdekaan Israel, bahkan tersiar kabar kalau ratu Elizabeth II memiliki darah Yahudi.

Kemudian apa yang terjadi pada Bangsa Israel? Saksikan selengkapnya lewat video Sejarah Kejatuhan Israel, Peperangan Akhir Sampai Israel Merdeka (Part 6) di bawah ini ya:

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami