Sepenting Apa Sih Penggunaan Sunscreen untuk Kesehatan Kulit?
Sumber: canva.com

Health / 23 February 2023

Kalangan Sendiri

Sepenting Apa Sih Penggunaan Sunscreen untuk Kesehatan Kulit?

Claudia Jessica Official Writer
1583

Paparan sinar matahari merupakan salah satu faktor lingkungan yang paling signifikan yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Radiasi UV (ultraviolet) yang dikeluarkan oleh sinar matahari dapat merusak sel-sel kulit dan memicu berbagai masalah kulit, seperti kanker kulit, penuaan dini, dan hiperpigmentasi.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Inilah 5 alasan pentingnya menggunakan sunscreen.

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Sinar UVB dapat memicu terjadinya sunburn, sedangkan sinar UVA dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang seperti penuaan kulit dan risiko terkena kanker kulit. Penggunaan sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari kedua jenis sinar UV tersebut.

 

BACA JUGA: Sunscreen Mencegah Tubuh Menyerap Vitamin D? Hempaskan Semua Mitos Soal Sunscreen Sekarang

 

2. Mencegah penuaan dini pada kulit

Paparan sinar UV juga dapat mempercepat penuaan kulit dengan menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin di kulit. Akibatnya, kulit dapat terlihat lebih kusam, keriput, dan kehilangan elastisitasnya. Penggunaan sunscreen secara teratur dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

3. Mencegah risiko terkena kanker kulit

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi di seluruh dunia. Paparan sinar UV secara berlebihan merupakan salah satu faktor risiko terbesar yang dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit. Penggunaan sunscreen secara teratur dapat membantu mencegah risiko terkena kanker kulit dengan melindungi kulit dari sinar UV.

4. Menjaga kesehatan kulit

Paparan sinar UV juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti hiperpigmentasi, bintik-bintik hitam, dan ruam. Penggunaan sunscreen secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan melindunginya dari kerusakan akibat sinar UV.

5. Meningkatkan efektivitas perawatan kulit lainnya

Penggunaan sunscreen secara teratur juga dapat meningkatkan efektivitas perawatan kulit lainnya seperti pelembap, serum, dan krim anti-aging. Hal ini dikarenakan sunscreen membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, sehingga perawatan kulit lainnya dapat bekerja dengan lebih baik

 

BACA JUGA: Kenapa Kita Perlu Double Cleansing?

 

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan sunscreen tidak cukup untuk melindungi kulit secara total. Selain menggunakan sunscreen, Anda juga perlu menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada saat puncak sinar matahari, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan perlindungan lain seperti topi dan kacamata hitam untuk melindungi kulit dari sinar matahari, dan perlu diikuti dengan tindakan lain seperti menghindari paparan sinar matahari langsung, yaitu tentang bagaimana memilih sunscreen yang tepat.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami