Pelayanan Kesehatan Operation Blessing di Tengah Gempa Turki
Sumber: CBN News

News / 20 February 2023

Kalangan Sendiri

Pelayanan Kesehatan Operation Blessing di Tengah Gempa Turki

Claudia Jessica Official Writer
1442

Salah satu masalah yang muncul setelah gempa mengguncang Turki ialah kerusakan infrastruktur yang amat luas adalah kebutuhan besar akan bantuan medis.

Saat negara-negara di seluruh dunia mengirimkan bantuan ke Turki, Presiden Suriah Bashar al-Assad akhirnya membuka perbatasan negaranya untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun sehingga bantuan dapat menjangkau daerah-daerah yang juga hancur akibat gempa bumi.

Salah satu kebutuhan utamanya adalah bantuan di bidang medis. Rumah sakit setempat telah hancur, dan obat-obat hilang setelah gempa. Di situlah tim Operation Blessing (CBN Internasional) berperan memberikan pertolongan.

Dr. Gustavo Angel dengan Tim Medis Operation Blessing memberikan diagnosa medis untuk beberapa orang di area ini.

 

BACA JUGA: Gempa Turki: 3 WNI Mengalami Luka-luka dan Dirujuk ke Rumah Sakit Setempat

 

“Saat ini sebagian besar masyarakat membutuhkan pengobatan penyakit kronis karena saat ini mereka tidak memiliki klinik atau rumah sakit terdekat, sehingga mereka harus menempuh perjalanan setidaknya satu setengah jam dari tempat ini ke klinik terdekat,” ucap Angel kepada CBN News.

Seorang pria berusia 84 tahun menderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Putranya menjelaskan kepada CBN News apa yang mereka alami saat gempa terjadi.

“Kami berusaha agar dia tidak jatuh dan gempa ini sangat mempengaruhinya karena ini adalah pertama kalinya bencana seperti ini. Saya membawanya keluar, dia jatuh, dan dia tidak bisa berjalan,” kata korban gempa, Zeynel Dudakli.

Gempa susulan yang juga mempengaruhi penyintas berusia 70 tahun lainnya, yang bertemu dengan tim Operation Blessing. “Mereka telah kehilangan segalanya saat ini. Jadi, mereka tinggal di jalanan, di tenda kemah. Jadi, cuaca, rasa takut menimbulkan kejang pada ototnya. Jadi, dia seperti mengalami kecemasan susulan,” jelas Angel.

 

BACA JUGA: Meski Korban Terus Bertambah, Masih Ada Keajaiban dalam Penyelamatan Korban Gempa Turki

 

Zeynel berterima kasih atau bantuan yang didapatkannya, “Kami tidak menyangka akan mendapat bantuan sebanyak ini saat gempa. Jadi bukan hanya orang-orang ini saja yang membantu kami dan dari organisasi lain,” kata Zeynel.

“Saat ini, Operation Blessing sedang mencoba untuk memperbaiki kondisi kesehatan di tempat ini. Kami mencoba memberikan seperti klinik keliling dari daerah ini sehingga kami dapat pergi ke tempat-tempat utama atau setidaknya orang-orang terdekat dapat mendekati kami. Kami dapat membantu mereka karena kami tahu mereka membutuhkan,” kata Angel.

Sumber : CBN News
Halaman :
1

Ikuti Kami