8 Sebutan Nama Tuhan Dalam Alkitab
Sumber: google.com

Kata Alkitab / 16 February 2023

Kalangan Sendiri

8 Sebutan Nama Tuhan Dalam Alkitab

Wisnu Prianggani Contributor
16222

Sebagai orang Kristen, kita harus mengetahui bahwa Allah memiliki banyak nama yang digunakan untuk menggambarkan aspek yang berbeda dari sifatNya. Dan yang paling sering digunakan di Alkitab adalah JEHOVAH/YAHWEH (YHWH), nama yang pertama kali diperkenalkan kepada Musa di gunung Sinai. YAHWEH menggambarkan bahwa Allah itu ada dan selalu hadir seperti yang ada di dalam Keluaran 3:14, Allah berkata kepada Musa “AKU ADALAH AKU”. Nama inilah yang menandakan kehadiranNya dekat dengan mereka yang memohon kepadaNya untuk pembebasan (Mazmur 107:13), pengampunan (Mazmur 25:11) dan bimbingan (Mazmur 31:3).

Berikut adalah 8 nama Allah yang memberikan gambaran yang berbeda dari kekuasaanNya dan sifatNya yang mulia.

1. JEHOVAH JIREH

Nama ini berarti "Tuhan yang menyediakan". Dalam Kejadian 22:14, nama ini pertama kali muncul ketika Allah menyediakan seekor domba untuk digunakan sebagai pengganti Ishak oleh Abraham.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab: Arti dari “YHWH” dan Makna Nama-nama Allah?

 

2. JEHOVAH RAPHA

Nama ini berarti "Tuhan yang menyembuhkan". Keluaran 15:26 menunjukkan bahwa Allah mampu menyembuhkan dan mengangkat orang dari penyakit dan kelemahan. Allah mampu menyembuhkan penyakit di dalam tubuh dan jiwa.

 

3. JEHOVAH NISSI

Nama ini berarti "Tuhan adalah panjiku". Keluaran 17:15 menunjukkan bahwa Allah adalah tempat perlindungan bagi umat-Nya dan sebagai tempat untuk diandalkan.

 

Baca Juga: Yehova Nissi, Tuhan Adalah Panjiku

 

4. JEHOVAH SHALOM

Nama ini berarti "Tuhan yang memberi keselamatan". Nama ini menunjukkan kekuasaan Allah untuk memberikan perdamaian dan kebahagiaan kepada umat-Nya. Dalam Hakim-hakim 6:24, Gideon membangun sebuah mezbah dan menamainya “TUHAN itu keselamatan”.

 

5. JEHOVAH ROHI

Nama ini berarti "Tuhan adalah gembalaku". Nama ini menunjukkan kebaikan Allah sebagai gembala yang memimpin umat-Nya menuju jalan yang benar. Dalam Mazmur 23:1, Daud menyatakan, "TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku."

 

6. JEHOVAH TSIDKENU

Nama ini berarti "Tuhan adalah keadilan". Yeremia 23:6 dan Yeremia 33:16 menunjukkan bahwa Allah adalah sumber kebenaran dan keadilan.

 

7. JEHOVAH SHAMMAH

Nama ini berarti "Tuhan hadir". Yehezkiel 48:35 menunjukkan bahwa Allah selalu hadir dan tinggal di tengah-tengah umatNya dan menunjukkan kemuliaanNya.

 

Baca Juga: Jehovah Jireh, Tuhan Menyediakan

 

8. JEHOVAH SABAOTH

Nama ini berarti "Tuhan semesta alam". Yesaya 1:24 dan Mazmur 46:7 menunjukkan bahwa Allah adalah pemilik dan penguasa seluruh alam semesta.

Dalam Alkitab, nama-nama Allah menggambarkan sifat-sifat yang berbeda dari kekuasaanNya. Setiap nama menunjukkan kebaikan dan kemampuan Allah dalam memimpin dan melindungi umat yang percaya kepadaNya.

Dengan memahami betapa baiknya Allah di dalam hidup kita, mari kita selalu mengandalkan Allah di dalam kehidupan sehari-hari serta selalu mempercayakan hidup kita pada-Nya. Karena Allah adalah tempat perlindungan, sumber kekuatan, dan sumber kasih sayang yang tak terbatas.

Halaman :
1

Ikuti Kami