4 Sosok Suami di Alkitab yang Begitu Mengasihi Istrinya
Sumber: google.com

Relationship / 16 February 2023

Kalangan Sendiri

4 Sosok Suami di Alkitab yang Begitu Mengasihi Istrinya

Wisnu Prianggani Contributor
1782

Seorang suami memiliki peran penting dalam pernikahan. Dalam Alkitab, terdapat beberapa sosok suami yang mengubah hidup istri mereka menjadi lebih baik. Berikut adalah 4 sosok suami yang perlu diteladani di tengah pernikahan saat ini.

1. Hosea - Sosok suami yang setia dan penuh kasih sayang

Hosea adalah seorang nabi yang menikahi seorang perempuan sundal bernama Gomer. Meskipun Gomer meninggalkan Hosea dan hidup sebagai sundal, Hosea tetap memaafkan istrinya dan menjadi sosok suami yang setia dan penuh kasih sayang. Pelajaran yang bisa diambil adalah tentang bagaimana kasih sayang dan kebaikan bisa memperbaiki hubungan dan mengubah hidup seseorang, bahkan orang yang sudah melakukan kesalahan besar sekalipun. 

“Berfirmanlah TUHAN kepadaku: ”Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis.” (Hosea 3:1)

 

Baca Juga: 5 Suami Terbaik Versi Alkitab

 

2. Boas - Sosok suami yang penuh belas kasih dan menjadi pelindung bagi orang-orang yang membutuhkan

Boas menjadi sosok suami yang penuh belas kasih dan menjadi pelindung bagi orang-orang yang membutuhkan. Ia menghargai dan menghormati keberanian dan kesetiaan Rut kepada keluarganya, dan bahkan berdoa agar Tuhan memberkati Rut dan membalas segala perbuatannya dengan baik. Pelajaran yang bisa diambil adalah tentang kepedulian dan keberanian dalam melindungi dan membantu orang lain, terutama orang-orang yang membutuhkan. 

“Boas menjawab: ”Telah dikabarkan orang kepadaku dengan lengkap segala sesuatu yang engkau lakukan kepada mertuamu sesudah suamimu mati, dan bagaimana engkau meninggalkan ibu bapamu dan tanah kelahiranmu serta pergi kepada suatu bangsa yang dahulu tidak engkau kenal. TUHAN kiranya membalas perbuatanmu itu, dan kepadamu kiranya dikaruniakan upahmu sepenuhnya oleh TUHAN, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung.” (Rut 2:11-12)

 

Baca Juga: 5 Sikap Suami Favorit di Alkitab Ini Pantas Banget Untuk Ditiru!

 

3. Elkana - Sosok suami yang memberikan perhatian dan dukungan moral yang besar

Elkana adalah suami dari seorang perempuan bernama Hana. Elkana memberikan perhatian dan dukungan moral yang besar kepada Hana, yang sedang merasa sedih dan terpuruk karena tidak dapat memiliki anak meskipun sangat ingin memiliki anak. Pelajaran yang bisa diambil adalah tentang pentingnya memberikan dukungan dan perhatian kepada pasangan dalam situasi apapun, terutama ketika pasangan merasa sedih dan terpuruk.

“Lalu Elkana, suaminya, berkata kepadanya: ”Hana, mengapa engkau menangis dan mengapa engkau tidak mau makan? Mengapa hatimu sedih? Bukankah aku lebih berharga bagimu dari pada sepuluh anak laki-laki?”  (1 Samuel 1:8) 

 

4. Nuh - Sosok suami yang taat kepada Tuhan dan memperhatikan keluarganya

Nuh adalah sosok suami yang taat kepada Tuhan dan dibanggakan oleh Tuhan. Dapat dilihat dari kisah dalam Kitab Kejadian bahwa Nuh sangat memperhatikan keluarganya dan berusaha untuk menyelamatkan mereka dari banjir besar yang akan datang. Pelajaran yang bisa diambil adalah tentang pentingnya memiliki iman dan taat kepada Tuhan, serta memperhatikan dan melindungi keluarga dalam segala situasi. 

“Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Nuh: ”Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini.” (Kejadian 7:1)

 

Baca Juga: Soal Memperlakukan Istri, Inilah 3 Suami di Alkitab yang Patut Diteladani!

 

Suami-suami di Alkitab ini dapat menjadi teladan bagi suami-suami masa kini. Dari mereka kita dapat belajar bahwa peran suami tidak hanya sebagai kepala keluarga, tetapi juga sebagai teman, pendukung, pelindung, dan pemimpin spiritual bagi keluarga. Dalam menjalankan peran tersebut, suami dituntut untuk memiliki karakter dan sikap yang sesuai dengan ajaran Alkitab. Sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis dapat tercipta ketika suami dan istri saling memahami dan memenuhi peran masing-masing dengan baik.

Halaman :
1

Ikuti Kami