5 Cerita Alkitab yang bisa Anda Gunakan untuk Mengajarkan Iman kepada Anak
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 14 February 2023

Kalangan Sendiri

5 Cerita Alkitab yang bisa Anda Gunakan untuk Mengajarkan Iman kepada Anak

Claudia Jessica Official Writer
1101

 

Mendidik anak untuk memiliki iman kepada Tuhan adalah salah satu dari tanggung jawab orang tua Kristen. Tapi tidak semua orang memahami bagaimana cara yang baik untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang iman.

Inilah empat kisah Alkitab yang dapat Anda ajarkan kepada anak-anak tentang bagaimana beriman kepada Tuhan.

1. Kisah wanita yang menyentuh ujung jubah Yesus dan disembuhkan (Markus 5: 25-34)

Kemana pun Ia pergi, Yesus selalu dikelilingi oleh orang-orang yang ingin disembuhkan. Ada begitu banyak orang yang ingin menyentuh Yesus tetapi mengalami kesulitan untuk mendekatinya. Tetapi seorang wanita yang telah mengalami pendarahan selama 12 tahun ini berhasil menyentuh jubah-Nya dan disembuhkan karena imannya kepada Yesus.

Nilai yang dapat Anda ajarkan kepada anak-anak

Saat ini kita tidak mungkin menyentuh jubah-Nya lagi, tetapi bukan itu intinya. Kita harus hidup dekat dengan-Nya sehingga kita baru bisa menjangkau dan menyentuhnya.

Ajarkan kepada anak-anak Anda bahwa mereka perlu mendekat kepada Tuhan sebelum bisa menyentuhnya.

2. Kisah Petrus yang keluar dari perahu dan berjalan di atas air (Matius 14: 22-34)

Setelah Yesus memberi makan 5.000 orang, Dia mendesak murid-murid-Nya untuk terus maju dan menyeberangi danau. Yesus membubarkan orang banyak itu dan naik ke gunung untuk berdoa. Saat malam tiba, Dia sendirian di bukit, dan perahu murid-murid-Nya cukup jauh dari daratan. Angin bertiup dan mengombang-ambingkan perahu yang dinaiki para murid.

Yesus memutuskan untuk berjalan ke perahu tempat para murid-Nya berada. Ia mendapati para murid ketakutan dan mereka mengira Yesus adalah hantu.

Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: “Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air.”

“Datanglah,” kata Yesus. Petrus melangkah keluar dari perahu dan mulai berjalan ke arah Yesus. Tetapi angin bertiup kencang, dan Petrus menjadi takut. “Tuhan, selamatkan aku,” katanya. Yesus menjangkau Petrus dan berkata, “Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?”

Saat Yesus mengulurkan tangan untuk menangkap Petrus untuk memasukkannya kembali ke perahu, mereka sudah berada di tengah seberang danau.

3. Kisah Daud dan Goliat (1 Samuel 17: 1-58)

Ada ketika orang Filistin berperang dengan orang Israel. Orang Israel memutuskan untuk mengirim seorang pria ke perkemahan orang Filistin. Salah satu orang Filistin, yang bernama Goliat, menantang orang Israel. Saat Goliat melangkah maju, orang Israel tercengang melihat ukuran pria setinggi sembilan kaki ini.

Daud melangkah maju dan mengajukan diri untuk melawannya. Dia mengingatkan mereka sebagai anak gembala, dia telah melawan beruang dan melepaskan salah satu dombanya dari mulut beruang dan tidak pernah mendapat masalah. Aku akan melawan Goliat

Jadi Daud bersiap untuk menghadapi Goliat. Saul ingin Daud mengenakan baju besi pelindungnya, tetapi dia menolak begitu dia mencobanya karena terlalu berat. “Aku tidak bisa bertarung seperti ini. Aku tidak membutuhkan baju besi itu. Saya memiliki Tuhan Yang Mahakuasa bersama saya. Seperti yang saya katakan, saya telah melawan binatang tanpa perlindungan.”

Saat Daud menyeberangi sungai, dia meraih ke bawah dan memilih lima batu halus dari sungai, mengeluarkan umbannya, dan mencari Goliat. Ketika dia menemukannya, dia memasukkan salah satu batunya ke dalam umbannya dan membunuh Goliat.

Pada masa itu, itu adalah kebanggaan untuk memenggal kepala orang yang telah kamu bunuh

Nilai yang dapat Anda ajarkan kepada anak-anak

Daud adalah anak muda, tetapi ketika ia mendapatkan tugas besar untuk membunuh Goliat, dia tahu bahwa Tuhan menyertainya. Dia telah diajari bagaimana beriman kepada Tuhan.

Coba pikirkan situasi berbahaya dimana Anda hanya bisa memiliki Tuhan untuk menjaga dan menolong Anda. Ajarkan hal ini kepada anak-anak Anda.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami