Dua Jenis Kasih di Surat Yohanes, Vertikal dan Horizontal
Sumber: google

Kata Alkitab / 14 February 2023

Kalangan Sendiri

Dua Jenis Kasih di Surat Yohanes, Vertikal dan Horizontal

Wisnu Prianggani Contributor
2618

Konsep kasih vertikal dan horizontal ada dalam Alkitab, khususnya di surat 1 Yohanes. Di surat itu, disebutkan bahwa kita harus mengasihi sesama manusia dengan cara yang sama seperti kita mengasihi Allah. Kasih yang dimaksud bukan hanya cinta kasih, tapi juga termasuk pengampunan, toleransi, dan rasa hormat.

“Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorang pun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.” (1 Yohanes 4:7-12)

 

Baca Juga: 12 Ayat Alkitab Ini Membuktikan Cinta Tuhan Tanpa Syarat (Kasih Agape)

 

Orang yang mengasihi pasti mengenal Allah dan jika seseorang tidak mengasihi berarti ia tidak mengenal Allah, karena kita tahu bahwa Allah adalah kasih. Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita dengan mengutus Anak-Nya ke dunia untuk menebus dosa-dosa kita. Sebagai orang yang dikasihi oleh Allah, kita juga harus saling mengasihi satu sama lain.

 

1. Kasih Vertikal

Kita mengasihi Allah karena Dia lebih dulu mengasihi kita, seperti saat Dia mengutus Anak-Nya ke dunia ini sebagai tanda kasih-Nya kepada kita. Karena itu, kita sebagai manusia seharusnya memperlihatkan rasa syukur dan penghormatan kepada-Nya dengan menaati segala perintah-Nya dan menghargai nama-Nya.

 

2. Kasih Horizontal

Kasih yang kita berikan pada orang lain menunjukkan bahwa kita mencintai Allah. Kita harus mencintai orang lain seperti kita mencintai diri sendiri, apapun agama, ras, atau budayanya. Siapa saja yang mengasihi sesamanya sudah pasti mengenal Allah.

 

Baca Juga: Hukum Kasih Bagi Pengikut Yesus

 

Marilah kita saling mengasihi, karena kasih itu datang dari Allah. Di dunia yang penuh dengan perbedaan dan pertikaian, kasih vertikal dan horizontal menjadi sangat penting dalam membina hubungan yang sehat antar manusia. Kita harus mengasihi Allah dan orang lain dengan sepenuh hati, tidak hanya ketika merasa nyaman atau mengharapkan imbalan. Kita juga harus belajar untuk memaafkan, toleran, dan saling membantu dalam hal-hal yang baik. Dengan cara ini, kita bisa membangun hubungan yang erat dan damai antar sesama, sehingga melalui perbuatan baik kita memuliakan nama Allah.

Halaman :
1

Ikuti Kami