7 Gejala Heartburn, Salah Satunya Dirasakan Musisi Ardhito Pramono Hingga Pingsan
Sumber: Instagram

Health / 13 February 2023

Kalangan Sendiri

7 Gejala Heartburn, Salah Satunya Dirasakan Musisi Ardhito Pramono Hingga Pingsan

Aprita L Ekanaru Official Writer
1260

Ardhito Pramono, salah satu musisi muda berbakat Indonesia, baru-baru ini jatuh pingsan saat manggung di Medan. Hal ini cukup membuat publik terkejut dan khawatir. Setelah melakukan pemeriksaan, diketahui bahwa Ardhito mengidap maag akut. Salah satu gejala maag akut adalah heartburn. Dari 7 gejala heartburn, salah satunya dirasakan musisi Ardhito Pramono hingga pingsan.

"Pola diet yang tidak teratur, konsumsi kopi yang berlebihan saat perut kosong dan jam tidur yang tidak teratur membuat fisik saya seketika seperti menolak untuk berdiri; Rasa perih yang luar biasa di ulu hati dan menjalar sampai dada yang sakitnya seperti di tusuk menembus sampai pundak seketika membuat saya terjatuh saat menutup pemampilan kami di Medan." Tulisnya di salah postingan Instagram pribadinya, Senin (13/03).

Karena kejadian ini, ia menyadari bahwa betapa pentingnya menjaga pola makan, pikiran, jam tidur dan kesehatan. Tak lupa, ia juga memberikan pesan untuk para pengikutnya di Instagram untuk dapat menjaga kesehatan sejak dini.

"Sekali lagi saya ingin berbagi untuk teman teman yang masih di usia muda namun sering abai dalam menjaga dan memelihara kesehatan, jagalah sedari sekarang karena kita (mungkin) tidak tau apa yang sedang tubuh kita rasakan," lanjutnya.

Saat ini Ardhito sedang menjalani proses penyembuhan, namun keadaannya sudah cukup membaik. Ia sangat berterima kasih kepada keluarga dan teman-temannya yang menunjukkan cinta dan kasih sayang yang besar kepadanya. Ia juga mengatakan akan belajar untuk lebih menjaga fisik dan memanusiakan tubuhnya. Ia juga berterima kasih kepada tim Ardhito Pramono, tim medik, dan semua orang yang telah membantunya.

Pakar kesehatan dari Halodoc, dr. Rizal Fadli mengatakan, “Gejala mag akut (gastritis) menyerang secara tiba-tiba dan berlangsung singkat, tapi rasa nyerinya seringkali tidak tertahankan. Salah satu gejalanya yaitu heartburn, bisa terasa sangat tidak nyaman hingga bisa membuat pingsan.”

Heartburn biasanya dimulai di perut bagian atas dan bergerak ke atas di belakang tulang dada. Gejala tersebut bisa semakin parah ketika berbaring atau membungkuk karena menyebabkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Selain itu, heartburn dapat memiliki beberapa gejala, diantaranya:

  1. Rasa terbakar atau nyeri di dada, biasanya setelah makan atau pada bagian belakang rahang atau leher.
  2. Rasa sesak napas atau tidak nyaman pada dada.
  3. Rasa tidak nyaman yang memantul dari dada ke tenggorokan.
  4. Asam lambung naik ke dalam mulut.
  5. Rasa sakit saat menelan.
  6. Batuk dan pilek tanpa sebab.
  7. Rasa tidak enak pada ulu hati.

Mari kita doakan agar Ardhito dapat kembali sehat dan beraktivitas kembali seperti sediakala. Mari kita menjaga kesehatan dengan memberi tubuh kita asupan makanan yang sehat dan rajin berolah raga.

Sumber : Halodoc | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami