Transformasi Yakobus Dari Skeptis Menjadi Pengikut Kristus Yang Setia
Sumber: Google Image

Kata Alkitab / 12 February 2023

Kalangan Sendiri

Transformasi Yakobus Dari Skeptis Menjadi Pengikut Kristus Yang Setia

Wisnu Prianggani Contributor
1924

Yakobus, salah satu murid terdekat Yesus, dulunya adalah seorang yang skeptis atau peragu. Sebagaimana pada awalnya Yakobus tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias.

Ayat Alkitab yang menjadi dasar dari pandangan Yakobus tersebut adalah Yohanes 20:30-31 yaitu, "Banyak lagi tanda-tanda yang dilakukan Yesus di hadapan murid-murid-Nya, namun yang tidak tertulis dalam kitab ini. Tetapi ini ditulis supaya kamu percaya bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah, dan supaya dengan percaya kamu memperoleh hidup di dalam nama-Nya."

Ini adalah bagian dari Injil Yohanes yang berbicara tentang pembuktian Yesus sebagai Mesias dan Tuhan bagi para murid-Nya. Dengan ayat ini, setelah mengalami pengalaman langsung dengan Yesus dan memahami Firman Tuhan, Yakobus berubah dan pada akhirnya menjadi salah satu pemimpin jemaat Kristen yang kuat dan berdedikasi.

 

Baca Juga: Riwayat Hidup Murid Yesus, Yakobus Anak Alfeus yang Jadi Murid Yesus Karena Melihat Matius

 

Untuk menjadi pengikut setia Kristus memang membutuhkan waktu dan usaha. Namun, jika kita terbuka pada Tuhan dan menerima pimpinan-Nya, kita akan melihat perubahan besar dalam hidup kita. Yakobus adalah contoh nyata dari hal ini. Ia menjadi pemimpin jemaat yang kuat dan konsisten, memimpin umat Tuhan dengan ajaran dan tuntunan yang baik.

Pelajaran yang bisa dipetik dari kehidupan Yakobus adalah pentingnya berubah dari skeptis menjadi pengikut Kristus yang setia, dari meragukan Tuhan menjadi percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Selain itu dalam Kitab Yakobus, ia juga menekankan bahwa iman dan perbuatan adalah hal yang penting (Yakobus 2:17), menyatakan bahwa iman tanpa perbuatan mati (Yakobus 2:26), dan menekankan pentingnya kesetiaan dalam menjalani hidup sebagai pengikut Kristus (Yakobus 5:12).

Kita juga dapat mempelajari bagaimana Yakobus yang awalnya meragukan kebenaran ajaran Tuhan, setelah melihat keajaiban Tuhan dalam hidupnya, Yakobus akhirnya menjadi pengikut setia Kristus. Ini menunjukkan bahwa Tuhan dapat membuat perubahan besar dalam hidup seseorang, bahkan jika mereka awalnya skeptis.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Yakobus anak Zebedeus, Murid yang Mati Pertama

 

Mari kita terus belajar dan memahami Firman Tuhan, seperti yang dilakukan oleh Yakobus yang menjalani hidup dengan iman yang benar dan perbuatan yang baik. Mari kita jadi contoh bagi orang lain dan menjadi berkat bagi sesama kita.

Halaman :
1

Ikuti Kami