Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Yakobus anak Zebedeus, Murid yang Mati Pertama

Fakta Alkitab / 1 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Yakobus anak Zebedeus, Murid yang Mati Pertama

Claudia Jessica Official Writer
634

Ada dua Yakobus dalam daftar 12 murid Yesus. Yang pertama adalah Yakobus anak Zebedeus dan yang kedua adalah Yakobus anak Alfeus. Yakobus yang akan kita bahas kali ini adalah Yakobus anak Zebedeus

Nama Yakobus berasal dari Bahasa Yunani, Lakobus yang diambil dari Bahasa Ibrani Ya’Qov atau Yakub yang artinya penipu. Nama Yakobus kemudian diberi baru, yaitu Tuhan melindungi. Ketika Yesus berdoa sepanjang malam dan memilih 12 murid-Nya untuk menjadi rasul pada esok pagi, Yakobus adalah orang ketiga yang disebutkan setelah Petrus dan Andreas serta sebelum Yohanes.

Nama ayahnya adalah Zebedeus. Yakobus dipanggil menjadi murid Yesus bersama saudaranya, Yohanes ketika mereka sedang menjala ikan. Yakobus datang dari desa nelayan, di sepanjang Danau Galilea. Referensi dalam kitab Markus 1:20 tentang orang-orang upahan ayahnya, Zebedeus menunjukkan bahwa keluarganya relatif makmur. Fakta yang menarik, Yakobus adalah kakak kandung Yohanes dan hampir dipastikan bahwa mereka berdua adalah saudara sepupu dari Yesus.

Ibu mereka, Salome adalah saudara Maria. Tuhan Yesus memberikan Yakobus gelar sebagai Boanerges, yang berarti anak-anak guruh. Mungkin hal ini menunjukkan karakternya yang agresif dan berwatak keras.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Andreas

 

Yakobus termasuk murid Tuhan Yesus yang sangat bersemangat dan ambisius. Beberapa hal yang pernah dicatat dalam Alkitab, menunjukkan beberapa karakter Yakobus sebagai berikut:

  • Yakobus berani mengungkapkan pikiran yang cenderung mengabaikan orang lain di sekitarnya seperti meminta untuk duduk di sisi Yesus jika kelak memerintah sebagai raja dan menyanggupi untuk meminum cawan penderitaan yang disampaikan Yesus.
  • Yakobus meminta izin kepada Yesus agar mereka menyuruh api turun dari langit untuk pemusnahan suatu desa di Samaria karena menolak Tuhan Yesus melewati wilayah mereka dalam perjalanan-Nya menuju Yerusalem.
  • Yakobus juga Simon Petrus dan Yohanes menjadi saksi penting dalam pelayanan Tuhan Yesus. Beberapa diantaranya adalah ketika kebangkitan anak Yairus, Yesus dimuliakan dan perubahan wajah Yesus di atas bukit, menjelang kematian Yesus disalib.
  • Ketika berada di taman Getsemani bersama Petrus dan Yohanes, Yakobus adalah salah satu murid yang diajak Yesus lebih jauh dari murid-murid lain untuk berdoa bersama Sang Juruselamat.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus yang Paling Fenomenal, Simon Petrus

 

Walaupun Yakobus termasuk murid yang dekat dengan Tuhan Yesus, ia tetap mempunyai temperamen yang “berapi-api” dan kasar. Namun hal itu tidak menghalangi Yesus untuk menarik Yakobus ke lingkaran terdekat-Nya. Karena sikap ambisius Yakibus, Yesus menyampaikan pesan tentang bagaimana seseorang yang ingin menjadi besar di Kerajaan Allah harus belajar untuk menjadi pelayan untuk orang lain dan menempatkan mereka di atas kebutuhan dan keinginan diri sendiri.

Yakobus bukan satu-satunya yang ditegur karena ambisinya mencari kemuliaan dirinya sendiri, ada pula murid lain yang ditegur juga karena cemburu dengan sikap Yakobus.

 

Akhir Hidup Yakobus

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami