Mau Produktif Tapi Terhalang Mager? Dengan Prinsip Kaizen, Mager Hempas Seketika
Sumber: canva.com

Relationship / 8 February 2023

Kalangan Sendiri

Mau Produktif Tapi Terhalang Mager? Dengan Prinsip Kaizen, Mager Hempas Seketika

Claudia Jessica Official Writer
1087

Pernahkah Anda berniat untuk menjalani hari dengan aktivitas yang produktif tapi berakhir nihil karena kesulitan melawan rasa malas atau yang saat ini sering disebut dengan “Mager” atau malas gerak?

Rasa malas adalah suatu perasaan yang dialami oleh seseorang ketika merasa tidak memenuhi harapan atau standar diri sendiri. Ini bisa terjadi karena kurangnya hasil atau kegagalan dalam mencapai tujuan. Meskipun rasa malas merupakan reaksi normal, tapi jika dibiarkan berlarut-larut, bisa mempengaruhi kesehatan mental dan menghambat kita dalam mencapai tujuan.

Namun, ada sebuah filosofi hidup yang bisa membantu mengatasi rasa malas, yaitu prinsip Kaizen. Kaizen adalah sebuah filosofi Jepang yang berarti “perbaikan terus-menerus”.

Ini berfokus pada perbaikan yang berkelanjutan dan memperbaiki diri sendiri dalam jangka panjang, bukan hasil instan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa malas dengan prinsip Kaizen:

#1 Fokus pada perbaikan dan prosesnya, bukan hasil

Prinsip Kaizen berfokus pada perbaikan, bukan hasil. Oleh karena itu, fokuslah pada bagaimana cara memperbaiki diri dan proses, bukan hanya hasil. Ini akan membantumu memperbaiki diri dan mengatasi rasa malas.

 

#2 Pertimbangkan perbaikan kecil

Mulailah dengan memperbaiki hal-hal kecil dalam hidupmu. Ini bisa dimulai hal-hal sepele seperti menjaga lingkungan kerja yang bersih atau memperbaiki tata letak kamar tidur. Perbaikan kecil ini akan membangun rasa percaya diri dan memotivasi untuk melakukan perbaikan yang lebih besar.

#3 Terima dan terapkan setiap feedback atau saran baik

Umpan balik (feedback) adalah salah satu cara untuk memperbaiki diri. Terima umpan balik yang positif dan negatif kemudian terapkan untuk memperbaiki diri.

#4 Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan berusaha untuk memperbaiki diri secara berkelanjutan. Ini akan membantumu mengatasi rasa malas dan memperbaiki diri secara bertahap.

Prinsip Kaizen adalah cara yang baik untuk memperbaiki diri dan mengatasi rasa malas karena menekankan pada perbaikan yang berkelanjutan dan peningkatan kinerja secara bertahap.

Prinsip ini membantu mengatasi rasa malas dengan mengajak seseorang untuk fokus pada perbaikan yang kecil dan nyata, sehingga dapat membangun rasa percaya diri dan menumbuhkan motivasi dalam mencapai tujuan.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami