Tetap Mengasihi di Dalam Perbedaan
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 6 February 2023

Kalangan Sendiri

Tetap Mengasihi di Dalam Perbedaan

Wisnu Prianggani Contributor
1989

Melakukan praktik kasih kepada orang lain yang memiliki pandangan dan kepercayaan yang sama dengan kita memang mudah. Namun pernahkah anda mengasihi orang yang berbeda bahkan mungkin tidak setuju dengan apa yang menjadi kepercayaan anda? 

Memang tidak ada habisnya jika berbicara mengenai kasih, apalagi bagi seorang Kristen, kasih itu sendiri adalah sebuah identitas. Bahkan ada banyak sekali ajaran yang Tuhan Yesus sampaikan mengenai kasih di Alkitab. Jika kita tidak memiliki kasih, kemungkinan ada yang salah dengan hubungan pribadi dengan Tuhan. 

Mengapa orang Kristen harus mengasihi sesama, bahkan mengasihi orang dengan kepercayaan yang berbeda dengan kita? 

Karena Alkitab menyatakan bahwa Allah terlebih dahulu mengasihi kita. Kasih Allah inilah yang seharusnya memberikan kita motivasi untuk dapat mengasihi siapapun. Namun nyatanya kita baru bisa mengasihi dengan syarat-syarat tertentu, mengasihi orang yang hanya dekat dengan kita atau mengasihi untuk mendapatkan keuntungan bagi kita. 

 

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Bagikan Kasih ke Orang Lain Dengan Cara Ini

 

Ada tertulis di Yohanes 13:34–35, “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." 

Kata “mengasihi” di ayat ini merujuk pada sebuah perintah atau sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu orang Kristen yang tidak memiliki kasih bisa dikatakan telah gagal, gagal menjadi teladan dan gagal menjadi terang bagi sesamanya manusia. Memang tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengasihi atau mengekspresikan perasaannya pada orang lain, beberapa orang bahkan sulit memperlakukan orang-orang terdekatnya dengan baik. 

Sebagai buku panduan kita, Alkitab berisi banyak sekali pesan yang mengingatkan kita untuk bisa mempraktikkan kasih kepada sesama seperti dalam ayat-ayat di bawah ini. 

1. Mengormati satu sama lain 

Roma 12:10 mengatakan, “Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.” 

 

2. Saling membangun 

1 Tesalonika 5:11 mengatakan, "Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan." 

 

Baca Juga: Perintah Saling Mengasihi dengan Standar Tertinggi

 

3. Melayani satu sama lain 

Galatia 5:13-14 mengatakan, “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: ”Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!”

Hari ini, apakah anda mau mengambil komitmen untuk mengasihi sesama? Mari seperti Tuhan Yesus yang menghancurkan setiap tembok perbedaan dan mengasihi semua orang.

Sumber : Wisnu Prianggani
Halaman :
1

Ikuti Kami