Gempa Magnitudo 7.8 Hantam Turki, Korban Mencapai Ribuan Orang
Sumber: anadolu.com

News / 6 February 2023

Kalangan Sendiri

Gempa Magnitudo 7.8 Hantam Turki, Korban Mencapai Ribuan Orang

Lori Official Writer
592

Gempa besar berskala 7.8 magnitudo menghantam Turki tenggara dan Suriah utara pada Senin, 6 Februari 2023 pagi. Gempa ini menyebabkan hampir seluruh bangunan rata dengan tanah dan warga yang terdampak mengalami serangan kepanikan akibat guncangan gempa. 

Sementara dari data yang dilaporkan, jumlah korban jiwa terus meningkat dan telah mencapai sekitar 2.300 orang. Kebanyakan diantaranya tertimpa reruntuhan bangunan. Situasi ini terekam lewat detik-detik runtuhnya sebuah apartemen besar di tengah kota Turki. Kebanyakan orang diperkirakan terjebak di dalamnya karena tak sempat melarikan diri.

 

Pusat Gempa

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan bahwa pusat gempa Turki ini berada di 23 kilometer dari timur Nurdagi, provinsi Gaziantep Turki dan berada di kedalaman 24.1 kilometer.

 

Baca Juga: Gempa Turki: 3 WNI Mengalami Luka-luka dan Dirujuk ke Rumah Sakit Setempat

 

Bukan hanya gempa susulan berkekuatan 7.5 magnitudo kembali terjadi setelah 9 jam gempa pertama terjadi. Bencana gempa ini diyakini sebagai gempa yang paling kuat terjadi di Turki sejak tahun 1939. Kala itu goncangan gempa dhasyat ini menewaskan sebanyak 30 ribu orang. 

Kondisi badai salju, dengan suhu cuaca yang sangat dingin memperburuk keadaan. Ratusan ribu orang yang terkena dampak. Harus kehilangan tempat tinggal dan berada di luar menahan dingin dan kadang hujan. 

 

Respon Pemerintah Turki

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menyampaikan keprihatinan yang menimpa negaranya. Saat ini mereka sedang bekerja mengerahkan bala bantuan untuk menanggulangi bencana. “Pasukan keamanan, angkatan bersenjata Turki, tim manajemen bencana dan darurat, tim Bulan Sabit Merah dan tim pencarian dan penyelamatan di banyak titik di Turki, sedang bekerja sekarang,” ungkap Soylu.

 

Baca Juga: Pesepakbola Christian Atsu Ikut Tertimpa Reruntuhan Gempa Turki

 

Sementara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan harapan terbesarnya bagi warga yang terdampak. Dia memastikan semua bala bantuan telah dikerahkan untuk melakukan misi penyelamatan. 

“Kami berharap bisa melalui bencana ini bersama secepat mungkin dan dengan kerusakan minim,” ungkapp Erdogan.

Kehidupan di Turki tidak akan sama lagi. Bencana gempa ini akan berdampak nyata bagi kehidupan masyarakat bukan hanya seminggu, tetapi berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Mari berdoa agar bencana gempa tak lagi melanda Turki.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami