Yuk Ajak Anak Bagikan Kasih ke Orang Lain Dengan Cara Ini
Sumber: HoneyKids Asia

Relationship / 30 January 2023

Kalangan Sendiri

Yuk Ajak Anak Bagikan Kasih ke Orang Lain Dengan Cara Ini

Lori Official Writer
1326

Valentine identik dengan budaya mengungkapkan rasa cinta kepada orang lain. Hal yang biasanya dilakukan untuk menyampaikan rasa cinta adalah dengan memberikan hadiah, coklat atau bunga kepada orang-orang yang disayang.

Sebagai orang tua, papa mama juga bisa merayakan hari kasih sayang ini bersama anak. Tapi akan jauh lebih baik memanfaatkan momen tersebut untuk ajarkan dia cara membagikan kasih setiap hari ke orang lain sebagai teladan kasih Tuhan Yesus yang disampaikan dalam Matius 22: 39, “Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

Hal pertama yang bisa papa mama lakukan adalah memberikan anak teladan. Nah, coba bantu anak tunjukkan kasih ke orang lain dengan cara ini:

1. Pelukan hangat

Saat papa mama memperlakukan anak dengan hangat di rumah, kemungkinan kebiasaan tersebut akan mencerminkan sikapnya di luar rumah. 

Contoh, jika papa mama sudah membiasakan anak memberikan pelukan hangat setiap kali bertemu. Maka kemungkinan dia akan menjadi sosok teman yang terbuka bagi orang lain. 

 

2. Suka Memberi

Pernahkah papa mama mendorong anak untuk membagikan apa yang dia punya kepada temannya yang lain? Seperti memberi makanan ke tetangga, membagi hadiah ke teman yang ulang tahun atau bahkan menyumbangkan mainan ke anak yang tidak punya.

Cara ini jadi latihan yang bisa membentuk anak menjadi pribadi yang murah hati dan mengasihi orang lain.

 

3. Bersikap ramah dan pemuji

Anak yang suka dipuji di rumah akan tumbuh menjadi anak yang juga suka memuji orang lain. Jadi biasakan untuk menyampaikan kata-kata positif ke anak dan jangan pelit memuji anak ketika dia melakukan hal yang baik atau saat berprestasi di sekolah.

 

4. Suka menolong

Tindakan menolong orang lain menjadi salah satu bentuk kasih. Papa mama bisa membantu anak menjadi pribadi yang suka menolong orang lain lewat kebiasaan sehari-hari. Misalnya, saat mama memasak di dapur libatkan anak untuk membantu. Atau saat di luar rumah, dorong anak menunjukkan kepedulian ke orang lain dengan tindakannya.

 

5. Kenalkan anak dengan sosok-sosok yang penuh kasih

Superbook Indonesia berisi banyak tokoh Alkitab yang hidupnya penuh dengan kasih Tuhan. Beberapa diantaranya seperti Yusuf, Daud, Daniel dan juga Yesus. Anak bisa meneladani tindakan kasih dari setiap tokoh ini dan mempraktekkan dalam hidupnya sehari-hari.

Anak yang berani mengekspresikan kasihnya kepada orang lain biasanya akan disukai banyak orang. Dalam hal ini anak bisa menjadi inspirasi dan pemberi dampak bagi sekelilingnya. Apakah papa mama ingin melihat anak jadi dampak bagi teman-teman dan sekelilingnya?

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami