Berkat Pasangan Misionaris Korea Ini, Kekristenan di Nepal Bertumbuh Pesat
Sumber: yahoo news

News / 29 January 2023

Kalangan Sendiri

Berkat Pasangan Misionaris Korea Ini, Kekristenan di Nepal Bertumbuh Pesat

Lori Official Writer
2030

Di balik menjamurnya gereja di Nepal saat ini, ada perjuangan para misionaris dibaliknya. 

Adapun misionaris yang berkontribusi menjangkau lebih banyak orang kepada Tuhan di Nepal adalah pasangan misionaris asal Korea Pang Chang-in dan istrinya Lee Jeong-hee. Mereka memutuskan berhenti dari profesinya sebagai bankir. Lalu Pang mendapat panggilan Tuhan untuk bermisi. Panggilan serupa kemudian didapatkan oleh Lee Jeong-hee, sehingga dengan berani keduanya memutuskan untuk pergi ke Nepal dan menetap di sana sejak tahun 2003.

Tak terasa keduanya sudah tinggal di Nepal selama 20 tahun. Dan yang menakjubkannya adalah mereka menjadi perintis hampir 70 gereja selama menetap di Nepal. Dhading, yang berjarak dua jam dari ibu kota Khatmandu, menjadi wilayah pusat pelayanan Pang dan istrinya. 

 

Baca Juga: Jokowi Beri harapan Soal Problematika Pembangunan Gereja, PGI Beri Respon Ini

 

Berkat pasangan ini, daerah yang dulunya dipenuhi dengan penyembahan berhala tersebut berubah menjadi tempat yang dipenuhi dengan rumah Tuhan.

Mayoritas masyarakat yang kini menjadi Kristen berasal dari kelompok masyarakat dari kasta Dalit dan beragama Hindu. Melalui penjangkauan ini, masyarakat yang ada di sana juga diberikan peluang untuk keluar dari garis kemiskinan. 

Saat ini, hampir di setiap wilayah pegunungan Nepal terdapat bangunan gereja. Seperti data terbaru dari survei komunitas Kristen nasional menyebut bahwa ada 7758 gereja di negara tersebut.

Jika sebelumnya negara ini melarang keras perpindahan agama, maka sejak kedatangan Pang dan missionaris Korea lainnya ke Nepal mengubah segalanya. Data menunjukkan bahwa populasi umat Kristen yang awalnya hanya sebesar 2%, kini terus bertumbuh. Data menunjukkan bahwa pertumbuhan Kristen di Nepal merupakan pertumbuhan Kristen tercepat di dunia.

 

Baca Juga: Jumlah Kehadiran di Gereja Amerika Setiap Minggunya Terus Menurun, Berikut Hasil Studinya…

 

Menyaksikan pertumbuhan kekristenan yang ini, mantan Wakil Perdana Menteri Nepal Kamal Thapa bahkan menuntut dikembalikannya Nepal sebagai negara Hindu. Yang artinya tidak ada satupun agama lain yang bisa masuk selain Hindu.

Sekalipun demikian, Pang tetap mengerjakan pekerjaannya karena dia percaya bahwa mereka hanya mengikuti arahan Tuhan. “Misi ini bukan cuma tentang kami. Tuhan yang melakukannya. Kami ingin menunjukkan bagaimana Tuhan bekerja melalui kami untuk menciptakan keajaiban di Nepal,” terang Pang.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami