Ternyata Ucapkan ‘I Love You’ Perlu Dilakukan Setiap Hari di Rumah Lho!
Sumber: Jawaban.com

Relationship / 26 January 2023

Kalangan Sendiri

Ternyata Ucapkan ‘I Love You’ Perlu Dilakukan Setiap Hari di Rumah Lho!

Lori Official Writer
1561

Apa papa mama terbiasa mengucapkan I love You di rumah ke pasangan dan anak?

Ya, sebagian dari masyarakat Indonesia tentu masih belum terbiasa dengan tiga kata ini. Karena biasanya ada perasaan enggan untuk mengungkapkan isi hati. 

Tapi tahukah mama papa kalau ternyata seorang psikolog dari Florida International University Lisa Arango menilai kalau ucapan I Love You itu ibarat oksigen dalam hubungan. “Memberi tahu seseorang bahwa kamu mencintai mereka memberi makan hubungan itu, membuatnya tetap hidup,” terang Lisa.

 

Baca Juga: Tidak Sekedar ‘ I love You.” 3 Kata Ini Sangat Powerful dan Bikin Pernikahan Kamu Harmonis

 

Mengucapkan I love You atau Aku Sayang Kamu punya kekuatan untuk membantu mengingatkan orang yang papa mama cintai, entah itu suami, istri atau anak, kalau papa mama selalu ada buat mereka dan mereka disayangi.

“Yang sebenarnya dicari orang adalah dukungan emosional,” ungkapnya.

Papa mama tahukan, ada banyak keluarga yang hidup bersama dan dekat secara fisik tapi ternyata tidak punya ikatan emosional yang erat. Sehingga satu sama lain tidak merasa saling memiliki dan membutuhkan. “Apakah kamu ada buat aku?” biasanya jadi pertanyaan yang muncul dari suami atau istri atau bahkan anak-anak yang jauh secara emosional. Karena itulah dukungan emosi sangat penting dalam hubungan suami, istri dan juga anak.

“Manusia diciptakan untuk terkoneksi. Tetapi kita justru menjauh dari satu sama lain dalam hubungan,” ungkapnya.

Ikatan emosional dalam keluarga akan terbangun saat salah satu dari papa atau mama mulai aktif mengekspresikan perasaan kepada keluarga. Seorang ibu membentuk ikatan emosional dengan anak lewat perhatian dan perawatan. Seorang ayah membangun ikatan emosional ke anak lewat kehadirannya. Dan mengucapkan I Love You jadi hal yang paling sederhana untuk mengikat hubungan yang semakin kuat dalam keluarga.

Papa mama juga bisa mengekspresikan kata-kata ini sembari memeluk anak atau mencium mereka. Kekuatan dalam keluarga dibentuk dari kehadiran satu sama lain dan itu dimulai dengan mengekspresikan rasa cinta.

Tapi kalau papa mama adalah tipikal yang sulit mengungkapkan perasaan sayang dengan kata-kata, papa mama juga bisa menunjukkan rasa sayang lewat beberapa cara sesuai dengan 5 bahasa kasih yang kita punya, diantaranya bisa melalui tindakan, waktu berkualitas, memberikan hadiah dan sentuhan fisik.

 

Baca Juga: 5 Cara Lain Suami Katakan “I Love You”

 

Kita juga bisa belajar mengekspresikan kasih kita ke pasangan dan anak sama seperti Tuhan Yesus mengasihi kita. Di Alkitab Yesus mengekspresikan dirinya lewat menyentuh orang-orang, memeluk, memberikan waktu-Nya dan bahkan mengungkapkan isi hati-Nya secara gamblang. Yesus mau kita tahu kalau Dia mengasihi umat-Nya. 

Papa mama juga bisa mengungkapkan kasih dalam keluarga seperti yang disampaikan oleh Paulus, “Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.” (1 Korintus 13: 4-8)

Berhubung sebentar lagi kita akan merayakan Valentine, papa mama bisa belajar dari hari ini untuk mengekspresikan rasa sayang ke orang terkasih, yaitu pasangan dan anak dengan cara sederhana ini. Papa mama bisa ucapkan I Love You saat suami akan berangkat kerja atau waktu anak mau membantu mama di rumah. 

Yuk lewat kebiasaan ini kita ciptakan keluarga yang hangat dan saling memiliki. Dan minta supaya Tuhan selalu menambah-nambahkan kasih di dalam hati kalian dan membuatnya terus melimpah (1 Tesalonika 3: 12).

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami