Bebas Hutang di Tahun 2023, Bagaimana Caranya?

Finance / 13 January 2023

Kalangan Sendiri

Bebas Hutang di Tahun 2023, Bagaimana Caranya?

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru Official Writer
555

Memasuki tahun 2023, mari kita membuka lembaran yang baru untuk memasuki musim hidup yang baru. Namun ada hal-hal yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja seperti beban hutang di tahun yang lalu. Hanya ada ada satu  cara agar dapat terbebas dari hutang di tahun ini. Bagaimana caranya? Anda harus membayar dan melunasinya, karena tidak ada cara lain. Lalu bagaimana langkah-langkahnya?

1. Buatlah daftar hutang

Jika memiliki hutang dari berbagai sumber yang berbeda, baiknya Anda menyusun terlebih dahulu urutan daftar hutang yang Anda miliki. Setelah selesai membuat daftar hutang, fokuskan diri Anda untuk melunasi hutang konsumtif terlebih dahulu karena memiliki tenggat waktu yang pendek dan memiliki bunga yang besar.

2. Tentukan target bayar

Setelah Anda mengetahui besaran hutang konsumtif yang dimiliki di daftar hutang, Anda dapat menentukan target bayar setiap bulannya sesuai dengan kemampuan. Tentu saja Anda harus berkomitmen dengan target ini, maka buatlah target yang dapat Anda patuhi.

3. Hiduplah hemat

Kalau sebelumnya Anda adalah orang yang konsumtif, maka Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut di tahun ini. Jangan membeli yang tidak diperlukan, tunda liburan dan turunkan standart hidup Anda sementara waktu.

4. Cari sumber keuangan lain

Anda harus lebih bekerja keras di tahun ini dengan cara mencari sumber pendapatan yang lain. Dengan kemampuan dan waktu senggang yang Anda miliki, Anda bisa mengambil freelance, berdagang, dan masih banyak yang lainnya. 

5. Buat catatan pembayaran

Pastikan setiap hutang yang berhasil Anda bayar tercatat dengan rapi. Anda dapat menggunakan metode Snowball (bayar hutang dari nominal kecil ke besar), atau metode Advance (bayar hutang dari yang bunganya paling besar). Pilih salah satu metode dan lanjutkan sampai hutang ANda lunas. Lakukan dengan disiplin dan konsisten.

6. Jangan tambah hutang baru

Selama proses mencicil melunasi hutang, jangan menambah hutang baru lagi. Jika Anda tidak disiplin, kapan hutang yang Anda miliki lunas?

7. Menjalin komunikasi

Jika hutang yang Anda miliki bersifat pribadi non lembaga keuangan, sebaiknya Anda menjalin komunilasi yang baik. Berilah kabar jika ada kesulitan membayar. Lakukan dengan baik, sama seperti saat pertama kali Anda meminjam uang.

Milikilah niat yang kuat, selesaikanlah hutang Anda agar hidup dan langkah Anda ke depan menjadi lebih tenang dan mudah. 

Sumber : Instagram @noninadia | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami