Merdeka Bukan Karena Kuat dan Gagah Kita, Namun Karena Karya Salib-Nya
Kalangan Sendiri

Merdeka Bukan Karena Kuat dan Gagah Kita, Namun Karena Karya Salib-Nya

Yenny Budhihartono Contributor
      932

1 Petrus 2:16

Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.

 

Bacaan setahun : Mazmur 54; Markus 4; Yesaya 61-62

 

Kita baru saja merayakan hari kemerdekaan negara kita. Hal ini mengingatkan kita sebagai orang percaya, bahwa kita pun telah ditebus dan merdeka dari dosa lewat pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib.

Roma 8:1-2 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

Ayat ini menggambarkan saat dimana Rasul Petrus menguatkan iman orang orang percaya yang tengah mengalami tekanan dan penganiayaan karena percaya kepada Kristus. Petrus mengingatkan mereka akan Injil Yesus Kristus yang merupakan jaminan harapan mereka. Sebab, Yesus Kristus sudah mati, hidup kembali dan akan datang kembali. Atas dasar itu mereka hendaknya rela dan tahan menderita, sambil menyadari bahwa penderitaan mereka merupakan ujian apakah mereka betul-betul percaya kepada Kristus.

Petrus juga menegaskan bahwa ciri ciri mereka yang telah merdeka adalah :

1. Hidup sebagai pengikut Kristus, yang walaupun sudah merdeka tapi tidak menyalahgunakan kebebasan yang dimilikinya.

"Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu" - 1 Petrus 2:16a

2. Kemerdekaan sebagai pengikut Kristus bukanlah kemerdekaan yang palsu dengan maksud hanya sebagai kedok.

"untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. " - 1 Petrus 2: 16b

Ingatlah sebagai orang yang merdeka itu berarti kita sudah bebas dari ikatan dosa dan hidup kita adalah milik Kristus yang sepenuhnya digunakan untuk kemuliaan nama Tuhan

Roma 6:18 (TB) – “Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.

Kita merdeka bukan karena kuat dan gagah kita, namun karena karya salib Tuhan Yesus yang menebus semua dosa kita dan membawa kita untuk bisa hidup dalam kasih karunia serta menikmati kehidupan kekal di Sorga.

Roma 6:22-23 (TB) -  Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal. Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

 

Hiduplah sebagai orang yang merdeka! Merdeka dari perbudakan dosa dan tipu muslihat. Sehingga melalui kemerdekaan kita, semua orang dapat mengalami kemerdekaan juga.

Ikuti Kami