Makna Pencurahan Roh Kudus dan Perannya Bagi Kita
Kalangan Sendiri

Makna Pencurahan Roh Kudus dan Perannya Bagi Kita

Liana M. Tapalahwene Contributor
      1318

Ayat Alkitab : Kisah Para Rasul 2:1-4

 

Yohanes 14: 26

"Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."

 

Bacaan setahun : Amsal 1; Yohanes 11; 1 Tawarikh 13-15

Pencurahan Roh Kudus adalah rangkaian peristiwa penting dari karya pengorbanan Tuhan Yesus. Dari sinilah kita menerima Roh Kudus yang telah Allah janjikan. Kejadian ini berlangsung setelah peristiwa Kenaikan Tuhan Yesus dan bertujuan untuk mengingatkan kita agar bersukacita karena Tuhan selalu menyertai umat-Nya.

Hari Raya Pentakosta adalah hari raya yang sangat bermakna. Kata "penta" yang berarti 50 (lima puluh) merujuk kepada 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Hal ini adalah amanat dan penggenapan janji Tuhan Yesus Kristus kepada para murid dan bagi kita umat Kristen diseluruh dunia.

Tuhan Yesus mengingatkan kita tentang fakta penting di Yohanes 14: 25-26 – ‘Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.’

Dia ingin agar kita tidak perlu khawatir dan gelisah, karena Dia telah memberikan penghibur melalui Roh Kudus. Roh Kudus akan selalu menyertai dan mengajarkan kita segala sesuatu untuk kehidupan kita sesuai dengan Firman-Nya. Sampai akhirnya hidup kita bisa menjadi garam dan terang, serta memuliakan nama-Nya.

Marilah libatkan Roh Kudus dalam setiap ranah kehidupan kita sehari-hari. Jika Anda diberkati dengan renungan hari ini, jangan biarkan pesan ini hanya berhenti di Anda sendiri. Ayo kita bagikan, agar kita bisa menjadi saluran berkat bagi orang lain juga.

Ikuti Kami