Bukan Mencari yang Sempurna, Tuhan Mencari Hati yang Murni

Bukan Mencari yang Sempurna, Tuhan Mencari Hati yang Murni

Lori Official Writer
      779

2 Timotius 2: 21

Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 101; Lukas 13; Yosua 13-14

Jika Anda ingin dipakai Tuhan, Anda perlu menyucikan hati Anda.

Anda tidak harus menjadi orang yang sempurna, tetapi Anda harus benar-benar memiliki hati yang murni. Alkitab berkata di 2 Timotius 2: 21, “Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.”

Tuhan memakai semua jenis manusia. Dia memakai seorang pemalu. Dia memakai seorang yang terbuka. Dia juga memakai orang dari berbagai ras, agama, tingkat kehidupan dan latar belakang. Dia memakai laki-laki dan perempuan. Tuhan memakai baik bejana yang sederhana maupun bejana ukiran. Dia memakai kapal besar maupun kapal kecil. Tetapi ada satu hal yang tidak akan dipakai Tuhan: Dia tidak memakai bejana yang kotor. Anda harus bersih dari dalam.

Bagaimana Anda melakukannya? Bagaimana Anda menyucikan diri Anda? Anda hanya perlu melakukannya melalui kata-kata sederhana ini yaitu PENGAKUAN

Agustinus berkata, “Mengakui perbuatan buruk kita adalah awal dari perbuatan baik.” Sementara Alkitab berkata dalam 1 Yohanes 1: 9, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”

Kata ‘mengakui’ dalam bahasa Yunani berasal dari homologeo. Homo berarti sama dan Logeo berarti berbicara. Jadi homologeo secara harafiah berarti “berkata hal yang sama”. Anda harus sepakat mengakui dosa Anda dihadapan Tuhan. “Ya Tuhan, Engkau benar. Aku ceroboh. Itu sebuah kesalahan. Itu adalah dosa. Aku salah.” 

Ini bukanlah bentuk tawar menawar dengan Tuhan atau Anda menyuap Tuhan dengan janji-janji palsu Anda. Seperti yang mungkin pernah kita lakukan. “Ya Tuhan aku tidak akan pernah melakukan hal yang sama lagi.” Atau “Ya Tuhan aku berjanji untuk membaca Alkitab setiap hari jika Engkau mau mengampuni aku.”

 

Baca Juga:

Kunci Memiliki Hati yang Murni

Hati yang Dibersihkan Setiap Hari Oleh Kebenaran Firman Tuhan

 

Anda hanya perlu mengakui perbuatan yang Anda lakukan secara jujur.

Anda mungkin berpikir jika hal itu terlalu sederhana bagi Anda. Anda mungkin berkata, “Yang harus saya lakukan adalah mengakuinya dan Tuhan akan mengampuni dosaku?” Ya. Karena itulah yang dinamakan kasih karunia.

Inilah yang saya anjurkan untuk Anda lakukan jika benar-benar ingin dipakai Tuhan. Luangkan waktu Anda untuk duduk dengan secarik kertas dan berkata, “Tuhan, apa yang salah dengan hidupku? Tunjukkan padaku. Aku akan menulisnya dan aku akan mengakuinya. Aku akan mengakui semuanya kepadaMu.” Lalu jika Tuhan menggerakkan Anda, Anda bisa menulisnya.

Pertama kali saya melakukan hal ini, saya pikir saya akan menulis buku! Dan saya sudah melakukannya berkali-kali. Buatlah sebuah daftar dan tulislah 1 Yohanes 1: 9 di atasnya dan sampaikan isi hati Anda kepada Tuhan.

Katakan, “Tuhan, aku mengakui hal ini kepadaMu. Aku salah. Aku tidak menghendakinya tinggal di dalam hidupku.” Mintalah Tuhan untuk membersihkan hidup Anda. Tuhan akan mengampuni Anda!

Ini adalah titik awal dimana Tuhan akan memakai Anda. Yang terpenting adalah Anda harus hidup dalam kemurnian hati.

 

Hak cipta Pastor Rick Warren, diambil dari renungan Crosswalk

 


 

Anda diberkati dengan renungan harian kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

 

Yuk Bergabung Jadi Mitra CBN Indonesia 

Ikuti Kami