9 Tradisi Natal Paling Unik di Dunia, Salah Satunya Pohon Natal Jaring Laba-laba (Part I)
Sumber: newsweek.com

News / 23 December 2022

Kalangan Sendiri

9 Tradisi Natal Paling Unik di Dunia, Salah Satunya Pohon Natal Jaring Laba-laba (Part I)

Claudia Jessica Official Writer
504

Dua hari lagi kita akan merayakan Natal. Beberapa hal yang ditunggu-tunggu saat adalah adalah hidangan utama Natal seperti kalkun, dekorasi pohon Natal, menyanyikan lagu-lagu Natal, hingga minum anggur. Semua ini adalah tradisi Natal standar Barat.

Seperti yang kita tahu, umat Kristen tersebar di berbagai belahan dunia dan sekitar 45 persen terlibat dalam semacam kegiatan Natal.

Beberapa negara Kristen Ortodoks termasuk Georgia, Moldova, Kazakhstan menggunakan kalender Julian dan karenanya merayakan Natal pada tanggal 7 Desember. Demikian pula, 30 juta orang Kristen Koptik di negara-negara Eritrea, Mesir, Ethiopia, dan Lebanon juga menggunakan kalender Julian.

Dengan begitu, banyak negara dan budaya berbeda yang merayakan musim yang sama, pasti ada beberapa tradisi menarik dan inspiratif dari seluruh dunia yang mungkin ingin Anda masukkan ke dalam perayaan Anda sendiri.

Mari kita lihat 9 tradisi natal paling unik di seluruh dunia:

1. Eropa Timur – Ikan Mas di Bak Mandi

Kalkun menjadi hidangan utama bagi kebanyakan orang di Amerika Serikat, tetapi di Eropa Timur mereka memilih untuk menghidangkan ikan mas. Tradisi ini berakar pada agama Katolik abad ke-13 ketika paus melarang umatnya makan daging, kecuali ikan menjelang Natal selama puasa.

Hidangan air tawar ini dipilih untuk menjadi salah satu menu Natal setelah menghabiskan waktu selama 2-3 hari berenang di sekitar bak mandi keluarga. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau dan rasa lumpur ikan mas.

Banyak orang yang dibesarkan di negara-negara seperti Slovakia, Polandia, Latvia, dan Republik Ceko memiliki kenangan masa kecil yang indah bermain dengan ikan menjelang Natal.

2. Ukraina – Legenda Laba-laba Natal

Ukraina memiliki kisah menawan yang terkait dengan dekorasi pohon Natal berdasarkan cerita rakyat tradisional.

Cerita ini berasal dari seorang janda miskin yang pekerja keras tinggal bersama dengan anak-anaknya di sebuah rumah kecil. Suatu hari di musim panas, sebuah pohon cemara jatuh di lantai rumah dan menumbuhkan pohon disana. Keluarga ini merawat pohon tersebut dan berharap dapat menggunakannya sebagai pohon Natal. Tetapi keluarga ini tidak mampu menghias pohon ini.

Anak-anak akhirnya tidur dan keesokan harinya, mereka melihat pohon itu tertutup dengan sarang laba-laba. Saat mereka membuka gorden, sinar matahari pagi yang melapisi jaring laba-laba itu mengubahnya menjadi emas dan perak. Keluarga itu menjadi sangat sengat dan menurut legenda, mereka tidak pernah hidup dalam kemiskinan lagi.

Orang Ukraina menghormati tradisi ini dengan menggantung ornamen laba-laba dan perada di pohon mereka.

3. Cina – Seni Apel

Republik Rakyat Tiongkok secara resmi adalah atheis tetapi diyakini bahwa sekitar 5 persen penduduknya beragama Kristen. Meskipun pusat perbelanjaan dan ruang publik lainnya dihias dengan mewah dengan dekorasi Natal, sangat sedikit tradisi liburan Barat yang dipatuhi. Kendati demikian, sebuah tradisi unik muncul dari China, dan hal ini tidak akan bias Anda temukan di tempat lain.

Malam Natal dalam bahasa Mandarin dikatakan ping an ye, yang diterjemahkan menjadi malam keselamatan dan kedamaian. Pelafalan ping an ye sangat mirip dengan pelafalan ping guo, yang artinya adalah apel. Alhasil, apel menjadi hadiah populer untuk teman, kolega, dan orang tersayang selama musim tersebut. Apel biasanya diukir dengan pesan positif dan dibungkus dengan hati-hati.

4. India – Pesta Pantai

Sekitar 18 persen populasi di Kerala, sebuah negara bagian selatan di India, didominasi oleh orang Kristen. Hal ini menjadikan Kristen sebagai agama terbesar ketiga di belakang Islam dan Hindu.

Di desa pesisir Puthenthope di distrik Thiruvananthapuram, Kerala, penduduk Kristen mengadakan perayaan yang patut ditiru setiap tanggal 25 Desember.

Setelah misa jam 6 pagi, desa yang sepi itu meledak dengan pertandingan sepak bola, teater, musik, dan pesta di tempat yang dikenal sebagai jalolsavam, atau festival air. Dan tentunya ada juga perlombaan perahu dan lomba renang.

Itu dia 4 dari 9 tradisi Natal paling unik di seluruh dunia. Lihat 5 tradisi natal paling unik lainnya di artikel berikutnya ya!

Sumber : newsweek.com
Halaman :
1

Ikuti Kami