Wajib Tahu! 14 Fakta Unik Tentang Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui Orang
Sumber: jawaban.com

Health / 22 December 2022

Kalangan Sendiri

Wajib Tahu! 14 Fakta Unik Tentang Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui Orang

Claudia Jessica Official Writer
626

Tahukah Anda, ada begitu banyak fakta unik tentang tubuh manusia yang jarang sekali dibahas sehingga tidak banyak yang mengetahuinya. Misalnya tubuh kita memproduksi sekitar satu liter selaput lendir setiap hari untuk melindungi gigi dan mulut dari infeksi dan bakteri.

Tubuh manusia sangat unik. Terdiri dari berbagai jenis jaringan, organ, dan sistem yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, tidak perlu heran jika tubuh kita memiliki fungsi tak terduga atau fakta-fakta unik yang belum banyak diketahui.

Berikut adalah beberapa fakta unik tentang kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui orang:

1. Selaput lendir di dalam mulut Anda memproduksi sekitar 1 liter lendir setiap hari. Lendir ini berfungsi untuk melindungi gigi dan mulut Anda dari infeksi dan bakteri.

2. Rambut Anda tumbuh rata-rata sekitar 0,5 inci (1,25 cm) per bulan, atau sekitar 6 inci (15 cm) per tahun.

3. Otak manusia terdiri dari sekitar 75% air dan beratnya sekitar 3 pound (1,4 kg).

4. Hati manusia adalah organ terbesar dalam tubuh dan dapat mengalami regenerasi (pemulihan) setelah terluka atau terkena penyakit.

5. Tubuh manusia memiliki sekitar 100.000 mil air mata yang akan diproduksi selama seumur hidup.

6. Jantung manusia bisa berdetak sekitar 100.000 kali per hari dan dapat mengalirkan sekitar 2.000 liter darah per hari.

7. Pernapasan merupakan salah satu proses paling penting dalam tubuh manusia. Selama seumur hidup, manusia akan bernapas sekitar 600 juta kali.

8. Sel-sel kulit baru terbentuk setiap 28 hari dan sel-sel ini akan terkelupas secara alami setelah beberapa minggu.

9. Sel darah merah yang baru terbentuk di sumsum tulang akan tinggal di dalam tubuh selama sekitar 120 hari sebelum akhirnya dihapuskan oleh sistem kekebalan tubuh.

10. Rata-rata, orang akan mengeluarkan sekitar 25.000 liter air mata selama seumur hidupnya.

11. Anda memiliki lebih banyak tulang di tubuh Anda ketika Anda masih bayi daripada ketika Anda dewasa. Ketika Anda lahir, Anda memiliki sekitar 300 tulang, tetapi ketika Anda dewasa, jumlah tulang Anda berkurang menjadi sekitar 206 tulang

12. Anda memproduksi asam lambung setiap hari, bahkan jika Anda tidak makan apa-apa. Asam lambung dihasilkan untuk membantu mengubah makanan menjadi zat yang dapat diserap oleh tubuh.

13. Sel-sel tubuh Anda terus diganti setiap hari. Sel-sel kulit Anda terbaru akan muncul setiap 27 hari, sedangkan sel darah merah Anda akan diganti setiap 120 hari.

14. Anda memiliki lebih banyak darah di tubuh Anda ketika Anda dewasa daripada ketika Anda lahir. Ketika Anda lahir, Anda memiliki sekitar 90 mililiter darah per kilogram berat badan Anda, tetapi ketika Anda dewasa, Anda memiliki sekitar 5 liter darah.

Sumber : healthline.com
Halaman :
1

Ikuti Kami