Yuk Ajarkan Arti Simbol-Simbol Natal Pada Anak
Sumber: freepik.com

Parenting / 15 December 2022

Kalangan Sendiri

Yuk Ajarkan Arti Simbol-Simbol Natal Pada Anak

Lois Official Writer
7808

Natal saat ini identik dengan kemeriahan, hadiah-hadiah dan kesenangan umat manusia semata. Natal identik dengan sinterklas dan juga keretanya yang penuh hadiah. Namun, Natal yang sesungguhnya tidaklah seperti itu. Karena itu, jangan biarkan anak salah paham sehingga mereka tumbuh dengan pemahaman yang salah tentang Natal. Ini beberapa simbol yang biasanya kita lihat saat Natal beserta artinya bagi umat percaya :

Pohon Natal

Pohon cemara senantiasa berwarna hijau sepanjang tahun, melambangkan harapan abadi seluruh umat manusia, semua ujung daunnya mengarah ke atas, mengingatkan kita bahwa kita harus terarah ke surga.

 

Baca Juga: Sama Seperti Natal Yang Penuh Makna, Hiasan-Hiasan Natal Ini Juga Mengandung Makna, Lho

 

Bintang

Tanda surgawi akan janji Allah berabad-abad silam. Tuhan menjanjikan seorang Penyelamat bagi dunia.

 

Lilin

Ajari anak-anak bahwa Kristus adalah terang dunia, dan ketika kita melihat terang lilin, kita diingatkan kepada-Nya yang telah mengusir kegelapan.

 

Lingkaran

Ini melambangkan cinta sejati yang tidak akan pernah berhenti. Cinta kasih yang terus menerus, tidak hanya saat Natal tapi sepanjang tahun.

 

Baca Juga: Darimana Asal Tradisi Pohon Natal?

 

Hadiah

Hadiah yang sesungguhnya adalah bahwa Tuhan demikian mengasihi umat-Nya sehingga Dia memberikan Anak-Nya yang tunggal bagi kita.

 

Permen

Permen berbentuk tongkat ini melambangkan para gembala. Sama seperti Yesus yang menjagai kita. Ketika kita tersesat, Dia mencari yang terhilang itu sampai ditemukan.

 

Malaikat

Para malaikatlah yang mewartakan kabar sukacita kelahiran Sang Juru Selamat. Mereka bernyanyi, “Kemuliaan bagi Allah di surga dan damai di bumi bagi manusia.”

 

Baca Juga: Makna Pohon Natal, Inilah Sebuah Pesan Natal Yang Sesungguhnya

 

Yang paling utama adalah kisahkan tentang bagaimana Yesus lahir, di sebuah tempat yang sederhana, di dalam palungan. Bagaimana Dia mau turun ke dunia dan menggantikan dosa manusia. Itulah arti dari semua simbol Natal yang seharusnya kita ajarkan. Bukan tentang sinterklas dan hadiah-hadiahnya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami