Natal Semakin Dekat, Banser Bantu Aparat Keamanan Jaga Gereja-gereja di Kepulauan Riau
Sumber: liputan6.com

News / 14 December 2022

Kalangan Sendiri

Natal Semakin Dekat, Banser Bantu Aparat Keamanan Jaga Gereja-gereja di Kepulauan Riau

Claudia Jessica Official Writer
554

Natal semakin dekat. Pemerintah jaga rumah-rumah ibadah dengan ketat untuk menciptakan suasana aman dan nyaman bagi umat krsitiani yang beribadah di gereja setiap mingu.

Hal ini juga berlaku untuk Provinsi Kepulauan Riau. Ribuan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan dikerahkan untuk mengamankan ibadah di wilayah tersebut, khususnya saat hari Natal.

Kasat Korwil Banser Provinsi Kepri Nuryanto mengatakan, Banser akan ikut serta untuk membantu tugas aparat keamanan menjaga keamanan di setiap pos-pos yang ada selama musim Natal.

“Kita akan berkoordinasi dengan seluruh cabang di wilayah Provinsi Kepri. Dan akan ditempatkan di setiap gereja,” kata Nuryanto sebagaimana dilansir dari Liputan6.com pada Senin (12/12/2022) lalu.

Nuryanto menjelaskan kalau setiap personil Banser yang akan mengamankan gereja-gereja di Kepulauan Riau akan disesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan setelah melakukan koordinasi dengan kepolisian dan TNI.

“Mereka akan dipusatkan dalam satu pos khusus dari masing-masing cabang di setiap daerah. Bersama-sama polisi dan pihak lain yang terlibat dalam partisipasi damai Natal,” ungkapnya.

Nuryanto menambahkan, pengamanan yang dilakukan Banser adalah wujud nyata dari cinta tanah air untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Kebhinekaan dan keragamannya. Mengingat Indonesia yang dibungkus oleh Pancasila sebagai ideologi negara, masa menjaga keutuhan NKRI adalah kewajiban seluruh warga negara Indonesia, termasuk Banser.

“Artinya semua warga negara harus menjaga maupun melindungi NKRI dari berbagai macam hal yang mungkin bisa mengancam keutuhan NKRI. Hal ini jugalah yang harus dilakukan oleh seluruh Banser,” pungkasnya.

Kemudian Nuryanto juga menyinggung bahwa pengamanan yang dilakukan oleh Banser merupakan bentuk dari konsep ‘Menjaga Aset Negara’ yang artinya agama adalah aset Indonesia.

Pancasila sangat jelas dan tegas mengatakan bahwa NKRI bukanlah negara agama, melainkan negara beragama.

“NKRI bukan yang negara agama, akan tetapi NKRI adalah negara beragama. Artinya, seluruh warganya yakin dan percaya dengan agamanya masing-masing dan dilindungi oleh undang-undang. Dan ini adalah bentuk sumbangsihnya Banser kepada negara,” tuturnya.

Sumber : liputan6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami