Bagaimana Seharusnya Orang Kristen Memberi Tanpa Harus Dicurigai?
Sumber: Hedonist Artistan Chocolates

Kata Alkitab / 1 December 2022

Kalangan Sendiri

Bagaimana Seharusnya Orang Kristen Memberi Tanpa Harus Dicurigai?

Lori Official Writer
1106

Tuhan punya seribu cara untuk mengarahkan kita membagikan kebaikan kepada orang lain. Kita bisa berdoa dan meminta Tuhan menunjukkan cara yang tepat untuk memberi sebagian yang kita punya untuk orang yang membutuhkan tanpa harus dicurigai dengan beragam asumsi.

Di Matius 25: 40 disampaikan, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.”

Orang Kristen adalah jantung, tangan dan kaki Yesus di tengah dunia saat ini. Tuhan kita bisa membantu kita memberi kreativitas untuk menjadi membagikan berkat bagi kehidupan orang lain (khususnya di bulan Natal ini).

 

Cara Memberi Tanpa Dicurigai 

Kita perlu belajar bagaimana memberi seperti cara Tuhan Yesus memberi.

Yang pertama adalah memberi dengan rendah hati. Yesus selalu melayani orang lain dengan kerendahan hati. Ia mengambil rupa seorang hamba dan merendahkan diri (Markus 10: 45) untuk melayani kita. Saat kita ingin memberi dengan dorongan kasih Kristus, kita harus memiliki kerendahan hati, bukan justru hanya ingin mencari perhatian.

Kita juga perlu menyingkirkan semua kepentingan diri dan fokus untuk memberkati hidup orang lain (Filipi 2: 4). Mengasihi, memberi dan melayani adalah motivasi Yesus karena dengan itu Dia bisa melakukan kehendak Bapa Surgawi (Yohanes 8: 49b-50; Yohanes 17: 4). 

 

Baca Juga: Memberi Sesuai Kemampuan, atau Memberi Lebih Dari Apa yang Kita Miliki?

 

Memberi Bersama Keluarga 

Keluarga Kristen bisa membangun karakter kemurahan hati di dalam diri anak dengan cara membangun tradisi memberi dari rumah. Orang tua, misalnya, bisa mendorong anak dan seluruh anggota keluarga untuk menjadi murah hati dengan cara yang sederhana. Misalnya, mengajak anak untuk menyisihkan tabungan dan memberkati anak-anak yang kurang beruntung setiap bulan atau mungkin setiap Natal tiba.

Memberi memang tak melulu dalam bentuk uang atau barang. Tetapi juga bisa dalam bentuk pelayanan atau jasa. Jika Anda merasa tergerak untuk memberi dengan cara yang lain, Anda bisa melakukannya dengan ikut ambil bagian jadi relawan di pelayanan sosial, membantu seorang nenek yang ingin menyeberang atau menolong orang yang sedang sakit.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami