Inilah Arti Nyalakan Satu Lilin di Advent Minggu Pertama
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 29 November 2022

Kalangan Sendiri

Inilah Arti Nyalakan Satu Lilin di Advent Minggu Pertama

Lori Official Writer
908

Di minggu ini, gereja-gereja sudah memulai minggu advent pertama. Secara tradisi, gereja akan menyalakan satu lilin di minggu Advent pertama. 

Lalu apa arti dari satu lilin yang dinyalakan di Advent minggu pertama?

Advent diartikan dengan ‘kedatangan’. Ya, kita bersiap untuk menyambut kedatangan Kristus. Untuk penyambutan ini, gereja-gereja biasanya akan membuat hiasan berupa karangan bunga dan lilin yang akan dinyalakan satu per satu setiap minggunya.

Satu lilin di Advent minggu pertama sendiri memiliki  beberapa makna diantaranya:

Lilin Harapan

Sebagaimana para nabi di Perjanjian Lama, kita menantikan seorang Mesias untuk menyelamatkan kita dari dosa dunia.

“Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.”  (Yesaya 9: 6-7)

 

Baca Juga: 3 Alasan Umat Kristen Rayakan Minggu Adven Menjelang Natal

 

Lilin Nubuatan

Lilin di Advent minggu pertama juga bisa diartikan dengan lilin nubuatan. Lilin ini meyakinkan kita bahwa kita bisa memiliki harapan bahwa Allah akan menggenapi nubuatan yang dinyatakan dalam Perjanjian Lama tentang Yesus. 

“Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.” (Roma 5: 5)

Di zaman sekarang, dimana kejahatan semakin merajalela, satu-satunya harapan untuk memulihkan keadaan dunia adalah kedatangan Yesus yang kedua kalinya. 

Sementara warna lilin yang dipilihkan ungu melambangkan pertobatan dan sikap hati yang senantiasa menanti-nantikan kedatangan-Nya. Warna ungu sendiri merupakan warna kemegahan atau kuasa yang identik dengan kerajaan dan pemerintahan Tuhan.

 

Kenapa Lilin Harapan Ini Penting?

Harapan membantu kita untuk tetap bertahan di tengah cobaan dan kesesakan. Harapan juga memberi kita keyakinan bahwa Tuhan akan hadir menolong kita, sekalipun kita tidak melihat-Nya dalam bentuk fisik (Ibrani 11).

Di minggu pertama Advent, kita bisa menempatkan harapan kita kepada Tuhan untuk empat hal yaitu:

Pertolongan

“Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” (Ibrani 4: 16)

 

Baca Juga: Kenapa Advent Dirayakan Sebelum Natal? Orang Kristen Harus Tahu 3 Alasan Ini…

 

Iman

 “…sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita..” (1 Yohanes 5: 4)

 

Kekuatan

“Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.” (2 Korintus 12: 9)

 

Keabadian

“Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.” (Roma 15: 13)

 

Baca Juga: 28 Ayat Alkitab Tentang Advent untuk Didoakan dan Direnungkan

 

Jika selama ini benar-benar ingin merasakan kasih Tuhan melawat hidup Anda, minggu ini mulailah untuk fokus untuk memberikan waktu Anda untuk merenungkan firman-Nya dan mengambil waktu doa pribadi. 

Kiranya Natal kali ini memberi Anda sukacita dan damai sejahtera yang penuh.

Sumber : Bible Study Tools
Halaman :
1

Ikuti Kami