Pangandaran Diguncang Gempa, Terasa Seperti Truk Lewat
Sumber: tribunnews

News / 28 November 2022

Kalangan Sendiri

Pangandaran Diguncang Gempa, Terasa Seperti Truk Lewat

Claudia Jessica Official Writer
645

Pada hari Minggu (27/11/2022) pagi, terjadi gempa bumi tektonik di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pada pukul 09.10 WIB dengan kekuatan 4,6 Magnitudo, terletak di laut pada jarak 61 km Barat Daya Kab. Pangandangan, Jawa Barat, di kedalaman 38 km.

Gempa ini dinyatakan tidak berpotensi menimbulkan tsunami dan tidak ada gempa susulan yang dilaporkan sampai saat ini. Juga belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan yang terjadi akibat gempa tersebut.

Adapun gempa yang dirasakan di wilayah Pangandaran dan Ciamis dengan skala intensitas II-III MMI. Yang artinya dalam skala tersebut, getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Getaran tersebut terasa seperti truk yang berlalu.

Sementara itu, di Garut, Tasikmalaya, Majalengka, dan Sukabumi, gempa dirasakan dengan skala intensitas II MMI. Artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang tergantung bergoyangan.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami