Jangan Biarkan Orang Percaya Jadi Batu Sandungan Untuk Imanmu, Ingat 9 Hal Ini (Part 2)

Relationship / 25 November 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Biarkan Orang Percaya Jadi Batu Sandungan Untuk Imanmu, Ingat 9 Hal Ini (Part 2)

Claudia Jessica Official Writer
397

Saat orang percaya lain yang kita kenal atau bahkan kita hormati berbuat dosa dan mengecewakan kita, inilah 9 hal yang bisa kita lakukan untuk mereka.

 

5. Gosip adalah dosa

Roma 1:29 mengatakan, “Penuh dengan rupa-rupa kelaliman, kejahatan, keserakahan dan kebusukan, penuh dengan dengki, pembunuhan, perselisihan, tipu muslihat dan kefasikan.”

Efesus 4:29 mengatakan, “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

Kemudian Titus 3:2 menekan kita untuk “Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.”

Membicarakan keburukan orang lain tidak bisa membuat hubungan pendosa itu pulih begitu saja. Lagi pula, apa dampak baiknya untuk kita?

6. Hati-hati dengan sindrom “mata balok”

Matius 7:3-5 berkata, “Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”

Menilai dosa orang lain sementara kita sendiri adalah orang berdosa. Tahukah kamu, dosa memiliki cara untuk membutakan kita dan membuat kita sangat peka terhadap dosa orang lain.

Kendati demikian, Alkitab mengajarkan kita untuk mengingatkan sesama umat percaya dengan penuh kasih tentang bagaimana Tuhan memanggil kita untuk hidup benar. Kita tidak bisa menghakimi orang lain dan dosanya, sebaliknya kita harus melihat dosa dalam hidup kita sendiri.

7. Lepaskan pengampunan

Pengampunan sering kali terasa memilukan sehingga kita sering kali berlari ke arah yang salah. Namun Alkitab mengingatkan kita untuk mengulurkan tangan dan melepaskan pengampunan karena kita sudah lebih dulu diampuni oleh Tuhan.

Efesus 4:32 meminta untuk “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

8. Banyak orang yang melihat apa yang kita lakukan

Dunia memperhatikan apa yang kita lakukan. Baik itu hal baik, maupun hal buruk. Mereka memperhatikan kita tentang cara kita menanggapi dosa seperti yang Allah ingin kita lakukan.

Kisah Para Rasul 1:8 “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Kita adalah papan reklame yang ingin Tuhan gunakan untuk memberitahu dunia tentang Dia. Kisah apa yang Anda ceritakan dengan tanggapan Anda terhadap dosa dalam kehidupan Anda dan kehidupan orang lain?

9. Berdoa

Ketika seseorang berbuat dosa, kita ingin melakukan sesuatu, dan Tuhan telah memberikan rencana bagi kita.

Yakobus 5:16 “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”

Pertama, berperang melawan dosa dalam hidup Anda sendiri. Kedua, berdoa untuk orang lain.

Jika seseorang yang Anda kenal terjebak dalam dosa, berdoalah untuk mereka.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami