Peran Roh Kudus dalam Pernikahan Kristen

Relationship / 18 November 2022

Kalangan Sendiri

Peran Roh Kudus dalam Pernikahan Kristen

Claudia Jessica Official Writer
344

Tanpa keamanan rohani, kita bisa kehilangan salah satu alat peperangan rohani terbesar, pesan dari markas besar (surga) tentang apa yang dilakukan musuh dan bagaimana cara mengalahkannya. Ya! Penting bagi keluarga Kristen untuk mendengar suara Roh Kudus.

Roma 8:14-17 mengatakan, “Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!” Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.”

Salah satu peran Roh Kudus yang paling penting dan paling sedikit dipahami adalah mengkomunikasikan pikiran Allah kepada kita. Mendengar suara Tuhan berawal dari hubungan kita dengan Tuhan. Kita harus membangun hubungan yang intim dengan Tuhan apabila kita ingin Tuhan memberkati dan membimbing keluarga kita.

Apa yang akan kita dapatkan jika mengikuti dan mendengarkan suara Roh Kudus?

 

1. Memahami karakter sejati Tuhan

Tuhan dapat dipercaya; Dia menepati apa yang telah Dia janjikan. Tuhan itu baik; Dia memperhatikan kita dan memperhatikan doa-doa kita. Tuhan juga tidak dibatasi oleh waktu seperti manusia; Dia ada di luar kerangka acuan sementara kita.

Daud berkata dalam Mazmur 139:7-8 “Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.”

Roh Allah ada di mana-mana. Tidak ada tempat yang dapat Anda atau keluarga Anda singgahi untuk menjauhi Roh Tuhan.

Menurut Alkitab, cara-Nya lebih unggul dari cara kita, dan pikiran-Nya lebih unggul dari kita. Karena kita tidak memiliki pikiran Tuhan, kita tidak dapat memahami sepenuhnya mengapa Dia membiarkan dunia ada sebagaimana adanya. Meskipun kita tidak sepenuhnya memahami segalanya, kita harus percaya kepada-Nya sebagai Tuhan yang baik yang kita kenal.

Tuhan adalah cinta. Alkitab mengatakan bahwa Allah adalah kasih. Cinta adalah intisari-Nya, esensi dari siapa Tuhan itu. Inilah sebabnya mengapa banyak orang percaya mengutip 1 Korintus 13 pada pernikahan mereka. Kasih Tuhan begitu kuat dan murni sehingga menjadi fondasi yang ditetapkan pasangan Kristen sebelum memasuki pernikahan.

2. Membuat kita sadar akan rencana dan tujuan Tuhan dalam pernikahan

Ketika Anda dan pasangan membiasakan diri untuk mendengarkan Roh Allah, Dia akan segera mengungkapkan tujuan yang sebenarnya bagi hidup Anda baik itu sebagai individu maupun sebagai pasangan. Saat pasangan berdoa bersama dan memprioritaskan rencana Tuhan bagi mereka, Tuhan pasti memberkati suami dan istri.

3. Bertumbuh dalam hubungan pribadi Anda dengan Tuhan

Ketika Anda dan pasangan memiliki hubungan yang lebih intim dengan Tuhan, saat itu lah Anda dapat mendengarkan suara Roh Kudus. Inilah salah satu manfaat besar ketika Anda dan pasangan setia kepada Tuhan.

Mendengarkan suara Tuhan memungkinkan Anda untuk mengenal Dia lebih baik. Yohanes 10:27-28 berkata demikian, “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.”

4. Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang hal-hal yang tidak Anda ketahui

Ketika pasangan suami istri dapat sama-sama mendengar suara Roh Kudus, Dia akan membuka mata dan pikiran Anda tehadap pengetahuan dan hikmat yang luar biasa.

Yeremia 33:3 mengatakan, “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.”

Mendengarkan Tuhan akan meningkatkan kepekaan kita secara spiritual sekaligus memperkuat hubungan kita dengan Dia.

Tuhan memberkati hubungan surgawi dan duniawi Anda.

Sumber : iBelieve
Halaman :
1

Ikuti Kami