Anda Bertanya-tanya Berapa Banyak Jumlah Protein Untuk Membentuk Otot? Ini Jawabannya...

Health / 18 November 2022

Kalangan Sendiri

Anda Bertanya-tanya Berapa Banyak Jumlah Protein Untuk Membentuk Otot? Ini Jawabannya...

Lori Official Writer
427

Walaupun olahraga beban penting untuk membentuk otot tubuh, namun hasil untuk mendapatkan massa otot yang ideal diperlukan kerja sama protein dalam jumlah yang tepat.

Sebuah penelitian terbaru menemukan peran penting protein di dalam pembentukan otot. Bahkan dianggap penting untuk mengkonsumsi protein sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap orang.

Protein terdapat di dalam sel dan jaringan tubuh. Walaupun punya banyak peran vital di dalam tubuh, protein sangat penting untuk pertumbuhan otot karena berguna untuk memperbaiki dan memelihara jaringan otot.

Saat ini standar kecukupan rata-rata zat gizi sehari-hari (RDA) yang direkomendasikan untuk mencegah defisiensi bagi orang dewasa yang aktif adalah minimal 0.8 gram protein per kilogram berat badan. Namun, penelitian lain mengklaim jika protein yang dibutuhkan tubuh lebih besar dari itu.

Mengkonsumsi lebih sedikit protein dari yang dibutuhkan tubuh dikaitkan dengan penurunan massa otot. Sebaliknya, peningkatan asupan protein di atas RDA bisa membantu meningkatkan kekuatan dan massa tubuh tanpa lemak saat diikuti dengan latihan beban.

 

Peran Protein Dalam Membentuk Otot

Protein terdiri dari asam amino yang bertindak sebagai blok bangunan untuk sel dan jaringan dalam tubuh. Ada 20 asam amino yang berfungsi membentuk protein.

Sementara ada 9 asam amino yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh (asam amino esensial). Karena itulah asam amino jenis ini perlu didapatkan melalui diet.

Saat kita mengkonsumsi protein, tubuh akan mencernanya dan memecahnya menjadi asam amino. Zat ini nantinya berperan untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan dan produksi energi.

Untuk membentuk otot, seseorang harus mengkonsumsi lebih banyak protein. Jika seseorang tidak mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup, tubuh akan cenderung memecah otot untuk memproduksi asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya memelihara jaringan tubuh. Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka akan terjadi penurunan massa dan kekuatan otot.

 

Jumlah Protein yang Dibutuhkan Tubuh

Menurut Pedoman Diet 2020-2025 bagi orang-orang Amerika berusia 19 tahun ke atas disarankan untuk mendapatkan sebanyak 10-35% kalori harian dari protein. Satu gram protein terdiri dari 4 kalori. Artinya, seseorang yang mengonsumsi 2000 kalori per hari perlu mengkonsumsi antara 50 sampai 175 gram protein per hari.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Medical Health News
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami