Fakta Alkitab: Di Lokasi Inilah Yesus Bertemu dengan Musa dan Elia

Fakta Alkitab / 16 November 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Di Lokasi Inilah Yesus Bertemu dengan Musa dan Elia

Claudia Jessica Official Writer
389

Alkitab mencatat tentang sebuah gunung yang bernama Gunung Hermon. Dalam bahasa Arab, Gunung Hermon disebut “Jabal el-Shaykh” dan dalam bahasa Ibrani disebut “Har Hermon”.

Gunung Hermon terletak di pegunungan Anti-Lebanon. Tinggi gunung ini adalah 2.814 m atau 9.232 kaki di atas permukaan laut. Puncak Gunung Hermon berada di perbatasan antara Suriah dan Lebanon. Pada zaman dahulu, orang Sidon menyebut Gunung Hermon sebagai “Sirion” sementara orang Amori menyebutnya “Senir”.

Namun apa arti sebenarnya kata “Hermon?”

Kita hanya bisa memahaminya jika melihatnya dalam bahasa Ibrani. Hermon memiliki akar kata “Chayrem” atau “Charam” yang mempunyai tiga makna, yaitu:

1. Dibuang atau diasingkan

2. Penjala ikan atau jaring atau jala pemburu

3. Mutilasi, deformasi, atau irisan pada tubuh.

Secara geografis, Gunung Hermon sebenarnya sederetan dengan pegunungan tiga puncak terpisah, yang kurang lebih tingginya sama.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Sosok Pahlawan Iman Perempuan Ini Jadi Mata-Mata Bangsa Israel Lho!

 

Pegunungan Anti-Lebanon membentang kira-kira sepanjang 150 km atau 93 mil arah timur laut ke barat, daya sejajar dengan pegunungan Lebanon di sebelah baratnya. Pegunungan Hermon mencakup wilayah sekitar 1000 km2 dimana 70 km2 berada di bawah pengawasan Israel.

Sebagian besar daerah Gunung Harmon yang termasuk dataran tinggi Golan meliputi cagar alam “Hermon Nature Reserve” , Gunung ini merupakan salah satu sumber geografis terbesar di daerah tersebut. Karena ketinggiannya, gunung ini menangkap sejumlah besar curah hujan di daerah yang tergolong sangat kering di dunia.

Gunung Hermon mempunyai musim dingin dan semi, dimana salju menutupi seluruh tiga puncaknya sepanjang tahun. Air yang mencair dari puncak gunung bersalju di sebelah barat dan selatan meresap ke dalam saluran dan lubang-lubang di bebatuan, muncul sebagai mata air di kaki gunung dan membentuk sungai-sungai. Aliran-aliran ini kemudian mengalir melalui sungai Yordan ke Danau Galilea hingga menjadi sumber air serta memberi kehidupan yang menghidupkan wilayah Israel, dan menumbuhkan tanaman di sekitar sungai.

Di samping itu, permukaan yang subur di bawah garis salju membuat banyaknya tumbuhan pinus, ek, poplar dan berbagai pohon lainnya serta perkebunan-perkebunan anggur. Mengenai penggunaan airnya, mata air dan gunung Hermon diperebutkan oleh sejumlah negara di daerah itu.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Fakta Pulau Patmos, Tempat Yohanes Menulis Kitab Wahyu

 

Gunung Hermon disebut sebagai gunung bersalju atau “Snowy Mountain”, “Mountain of Snow”, dan gunung beruban atau “Gray-Haired Mountain”. Selain itu, Gunung Hermon juga disebut sebagai “Mata Bangsa” atau “The Eyes of The Nation” Israel sebab ketinggiannya yang menjadikan Gunung Hermon sebagai tempat sistem peringatan bahaya dini untuk negara tersebut.

Lokasi Gunung Hermon yang berada di dataran Golan, menjadikan perjalanan menuju ke puncak Gunung Hermon ini sangat menyenangkan. Dengan jarak tempuh sekitar satu jam dari Danau Galilea, kita akan disuguhkan pemandangan yang mempesona di sepanjang perjalanan. Hamparan hijau pohon-pohon zaitun sangat banyak ditemukan di sekitar gunung ini.

Sekilas memang nampak seperti dalam perjalanan keluar kota, khususnya ke area perbukitan dimana sangat jarang ditemukan rumah-rumah penduduk di sekitarnya. Kita bisa menemukan perumahan penduduk ataupun semacam kota-kota kecil lengkap dengan beberapa toko dan cafe meski tampaknya cukup sepi dan tenang suasananya hanya di beberapa titik saja.

Gunung Hermon dianggap sebagai situs Transfigurasi Yesus dimana Yesus mengajak Petrus, Yakobus, dan Yohanes untuk membawa mereka naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di hadapan mereka, wajah-Nya bersinar seperti matahari dan jubahnya menjadi putih seperti cahaya. Kemudian tampaklah mereka di hadapan Musa dan Elia.

Kemudian Petrus berkata kepada Yesus, “Tuhan adalah baik bagi kita untuk berada di sini. Jika Engkau mau, kami akan membuatkan tiga kemah di sini. Satu untuk Engkau, satu untuk Musa, dan satu untuk Elia. Sementara dia sedang berbicara, tampaklah segumpal awan terang menaungi mereka dan perhatikanlah suatu suara dari awan itu mengatakan, “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia,” (Matius 17:5b).

Gunung Hermon menjadi simbol penghidupan seperti dinyanyikan pemazmur, dimana embun Gunung Hermon memiliki konotasi berkat yang turun dari surga ke atas orang-orang yang hidup rukun.

Hermon memberi pengertian suatu tempat yang tinggi, sejuk, dan menjadi berkat bagi kehidupan banyak makhluk.

Jika Anda merasa dengan goyah dalam iman, atau jika Anda butuh ruang untuk berbicara dan meluapkan pergumulan Anda, silahkan hubungi Layanan Doa dan Konseling CBN Sahabat24 di kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini: https://bit.ly/InginDidoakan

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami