Catat Ini Kalau Gak Mau Diabetes! “Nama-nama Samaran” Gula di Produk Kemasan

Health / 14 November 2022

Kalangan Sendiri

Catat Ini Kalau Gak Mau Diabetes! “Nama-nama Samaran” Gula di Produk Kemasan

Claudia Jessica Official Writer
909

Kebiasaan mengkonsumsi minuman manis seperti kopi, bobba, dan minuman kemasan, dan minuman lainnya seakan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Mengungkap fakta dari Data International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2021 menyampaikan bahwa Indonesia menempati peringkat ke-5 dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

Angka ini meningkat hampir dua kali lipat dalam kurun waktu 2 tahun dari 2019 yang berada pada kisaran 10.7 juta, dan beranjak menjadi 18 juta penderita diabetes di tahun 2020.

International Diabetes Federation (IDF) mencatat sebanyak 537 juta orang dewasa berusia 20-79 tahun, 1 dari 10 orang mengalami diabetes di seluruh dunia.

Fakta kenaikan penderita diabetes di Indonesia sendiri telah diakui oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Budi menuturkan bahwa penderita diabetes di Indonesia selalu naik dari tahun ke tahun.

 

BACA JUGA: Biar Gak Diabetes, Batasi Konsumsi Gula Per Hari Hanya Sebanyak Ini…

 

Untuk alasan itulah Budi mengingatkan masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula atau minuman manis secara berlebihan. Menurutnya, minuman dengan kadar gula tinggi dapat menimbulkan dampak kesehatan yang serius, salah satunya diabetes. Jika masyarakat masih terus mengkonsumsi gula secara berlebihan, dalam waktu 5-10 tahun ke depan, warga Indonesia akan banyak yang mengalami penyakit turunan diabetes.

Tentu kita tidak mau anak-anak dan keturunan kitan, maupun diri kita sendiri untuk menderita diabetes bukan?

Jangan sampai salah, gula seringkali dicantumkan dengan nama lain pada label makanan yang membuat konsumen sering keliru karena mengira makanan atau minuman yang dikonsumsinya tidak mengandung gula. Maka dari itu, pastikan Anda tahu nama-nama samara gula yang ada pada label makanan atau minuman kemasan berikut ini:

Sukrosa

Sirup jagung tinggi fruktosa

Sirup agave

Gula bit

Molasses/molase blackstrap

Brown sugar

Buttered syrup

Gula tebu

Karamel

Gula kastor

Gula demerara

Gula confectioners/gula bubuk

Sirup maple

Sorghum

Raw sugar/gula mentah

Refiner’s syrup Barley malt

Dextrin

Corn syrup/sirup jagung

Dekstrosa

Glukosa

Malt syrup/sirup malt

Maltose

Rice syrup/sirup beras

Fruktosa

Galaktosa

 

BACA JUGA: Waspada Diabetes Anak! Orangtua Wajib Tahu Gejala Diabetes Pada Anak

 

Jika tidak ingin Anda atau keturunan Anda menderita diabetes, mulailah perhatikan asupan gula yang Anda konsumsi, dan jadilah konsumen yang cerdas. Bahkan jika perlu, pilihlah minuman lain yang tidak mengandung gula.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami