Waspada Diabetes Anak! Orangtua Wajib Tahu Gejala Diabetes Pada Anak
Sumber: canva.com

Relationship / 25 January 2022

Kalangan Sendiri

Waspada Diabetes Anak! Orangtua Wajib Tahu Gejala Diabetes Pada Anak

Claudia Jessica Official Writer
2393

Matthew White, seorang aktor cilik berusia 12 tahun meninggal pada hari Minggu (23/01/2022) lalu akibat diabetes yang dideritanya.

Diabetes, penyakit jangka panjang yang tidak bisa disembuhkan ini tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak. Bahkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat kasus diabetes pada anak usia 0-18 tahun meningkat hingga 700% selama jangka waktu 10 tahun.

Pada dasarnya diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan gula darah di dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan penurunan kadar hormon insulin atau kesulitan tubuh dalam menggunakan hormon ini.

 

BACA JUGA: Matthew White, Pemeran “Hendrick” di Film Danur Meninggal Dunia Karena Diabetes

 

Insulin diproduksi di pankreas dan digunakan untuk membantu sel, jaringan, dan organ tubuh untuk mengubah glukosa atau gula darah menjadi energi. Gangguan inilah yang menyebabkan penumpukan gula darah.

Faktornya pun beragam, salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat. Maka dari itu, sebagai orang tua, kita harus tahu cara mencegah diabetes, maupun memahami gejala diabetes pada anak.

Secara umum, diabetes pada anak memiliki dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Masing-masing jenisnya memiliki penyebab yang berbeda.

 

Penyebab diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah jenis yang paling sering terjadi pada anak dan remaja. Diabetes tipe 1 diakibatkan oleh gangguan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh anak justru menyerang pankreasnya sendiri dan membuat fungsi pankreas terganggu.

Akibatnya, pankreas tidak bisa menghasilkan atau memproduksi sedikit insulin, hormon yang berperan mengubah glukosa menjadi energi. Jika hal ini terjadi, kadar gula darah akan meningkat dan lambat laun akan merusak organ serta jaringan tubuh.

Beberapa faktor yang meningkatkan diabetes tipe 1 pada anak yaitu, faktor genetik, memiliki orangtua atau saudara dengan jenis diabetes ini, mengalami penyakit infeksi virus. Anak-anak yang sering mendapat asupan makanan atau minuman yang manis, seperti permen, es krim, jus buah kemasan, atau buah kering juga berisiko mengalami diabetes tipe 1.

 

Penyebab diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 juga bisa menyerang anak-anak. Dilansir dari hellosehat, American Academi of Pediatric menyebutkan bahwa jumlah anak yang mengalami diabetes tipe 2 semakin meningkat seiring dengan meningkatkan kasus obesitas pada anak.

Diabetes tipe 2 pada umumnya terjadi karena resistensi insulin, yaitu ketika tubuh kesulitan menggunakan insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi sekalipun tubuh memiliki kadar insulin yang normal. Keadaan ini membuat kadar gula darah dalam tubuh anak akan meningkat dan mengakibatkan muncul gejala penyakit.

Penyebab untuk diabetes jenis 2 ini tidak begitu diketahui, namun berikut ini adalah beberapa faktor yang diyakini dapat meningkatkan risikonya:

- Kelebihan berat badan atau obesitas.

- Anak lahir prematur.

- Riwayat keluarga dengan kondisi diabetes tipe 2.

- Lahir dari ibu dengan diabetes gestasional saat hamil.

- Gaya hidup yang kurang baik, seperti sering mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi serta jarang bergerak.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami