Menyambut Resesi Ekonomi Dunia, Jangan Panik! Fokuslah pada Hal Ini

Finance / 9 November 2022

Kalangan Sendiri

Menyambut Resesi Ekonomi Dunia, Jangan Panik! Fokuslah pada Hal Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
421

Kabar buruk akan selalu ada, serta dunia tidak selalu berjalan dengan baik-baik saja. Namun jika Anda menyadari, ketika Anda melihat lagi ke belakang, ternyata Anda dapat tetap survived sampai hari ini. 

Anda dapat melewati krisis tahun 1998, krisis tahun 2008, dan baru-baru ini masa pandemi 2020. Semua itu dapat Anda lewati karena pertolongan Tuhan semata, dan Tuhan yang sama juga masih akan selalu menyertai Anda.

Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa kita seringkali juga merasa khawatir. Alih-alih mendapatkan solusi untuk dapat melewati musim tersebut, khawatir hanya akan membuat kita terfokus pada dampak yang ditimbulkan oleh resesi ekonomi dunia. Sehingga kita tidak dapat berfikir dengan jernih.

Daripada kekhawatiran membuat kita menjadi stress, lebih baik alihkan fokus kita terhadap berbagai hal yang masih bisa kita kontrol. Lalu hal apa saja yang masih bisa dikontrol? Coba ubah fokus Anda pada hal ini:

1. Lindungi sumber pendapatan

Apapun profesi dan bidang yang Anda jalani hari ini, lakukanlah dengan rajin dan serius. Jagalah hubungan baik atau relasi Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. Jangan lupa untuk selalu menambahkan keahlian yang dapat menambah sumber penghasilan Anda.

2. Memiliki jaring pengaman

Jaring pengaman di sini adalah dengan memiliki dana darurat. Jika saat ini dana darurat Anda belum tercapai, Anda tidak perlu berkecil hati. Tetaplah konsisten hingga goals dana darurat Anda tercapai, agar kelak Anda akan merasa lebih aman dalam menghadapi resesi ekonomi di depan sana.

Terdaftar sebagai pengguna asuransi atau minimal memiliki BPJS Kesehatan juga sangat penting. Mengapa? Karena sakit membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jangan sampai dana darurat Anda malah digunakan untuk membiayai kesehatan Anda.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->>

Sumber : IG: @noninadia | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami