5 Pilihan Mainan Untuk Bantu Anak Mengembangkan Kemampuan Visual dan Motoriknya

Relationship / 9 November 2022

Kalangan Sendiri

5 Pilihan Mainan Untuk Bantu Anak Mengembangkan Kemampuan Visual dan Motoriknya

Lori Official Writer
406

Anak-anak di usia 2-5 tahun akan memiliki rasa penasaran yang tinggi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka akan suka menyentuh dan merasakan sesuatu. Mereka akan belajar dari apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, cium dan rasakan. 

Jadi wajar mereka senang jika diberikan mainan. Tapi perlu diingat kalau gak semua mainan baik buat anak. Karena itu menjadi tanggung jawab orang tua untuk memilih mainan yang aman dan membantu anak untuk berkembang secara visual dan nalar.

Berikut 5 pilihan mainan yang bisa membantu anak bertumbuh dan berkembang secara keseluruhan.

Puzzle

Puzzle bisa sangat berguna untuk mengasah perkembangan otak anak termasuk:

- Keterampilan motorik, dimana saat anak mengambil potongan puzzle, memegangnya tanpa menjatuhkannya di papan dan memasangnya sesuai dengan potongan yang pas, mereka sudah melatih otot motorik mereka.

- Persepsi visual. Potongan puzzle bisa terdiri dari berbagai bentuk. Saat anak berusaha memecahkan teka-teki, mereka akan mulai mengidentifikasi bagian mana yang cocok dengan bagian lain baik secraa bentuk, warna dan pilihan. Dengan bermain teka-teki atau puzzle, anak dilatih mengembangkan cara pandang visual dan juga motoriknya.

- Melatih koordinasi tangan dan mata. Koordinasi tangan dan mata adalah kemampuan tangan dan mata untuk bekerja sama secara harmonis. 

- Matematika awal. Puzzle adalah alat yang sangat baik untuk memperkenalkan anak Anda pada matematika awal. Pola dan bentuk adalah konsep dasar matematika dan puzzle memperkenalkan konsep-konsep.

 

Baca Juga: Pentingnya Berikan Anak Mainan Tepat Sesuai Usia

 

Balok

Balok atau balok bangunan adalah mainan konstruksi yang digunakan anak-anak untuk membangun struktur atau merancang bentuk dengan cara menumpuk dan menyusun balok satu per satu. 

Dengan balok anak bisa mengembangkan kemampuan motoriknya karena kerap melibatkan otot-otot tangan dan jarinya. Koordinasi tangan dan mata juga akan terlatih. Selain itu, dengan mainan balok anak juga akan terlatih dalam hal memecahkan masalah, mengasah cara pikir kritis dan kreativitasnya. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami