Kenapa Kita Perlu Double Cleansing?

Health / 3 November 2022

Kalangan Sendiri

Kenapa Kita Perlu Double Cleansing?

Claudia Jessica Official Writer
382

Siapa yang tidak mau memiliki kulit sehat, bersih, dan bebas dari jerawat? Saya rasa, baik wanita maupun pria menginginkan kulit yang bersih dan sehat. Apalagi kita tahu bahwa jerawat ga cuma membuat kita merasa risih saat dilihat, tetapi juga tidak nyaman karena terkadang rasa sakitnya cukup perih.

Sebagian orang bahkan bisa merasa depresi lantaran jerawat di wajahnya. Jerawat terjadi saat tempat tumbuhnya rambut halus di wajah kita tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Akibatnya pori-pori jadi tersumbat dan muncullah benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Inilah yang kita sebut dengan jerawat.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, salah satunya adalah wajah yang tidak dibersihkan dengan benar. Tahu gak sih, kalau mencuci wajah dengan sabun mandi saja belum cukup membuat wajah kita benar-benar bersih lho. Terkadang sabun pencuci wajah belum efektif dalam mengangkat kotoran, apalagi sel kulit mati hingga ke pori-pori. Apalagi buat kamu yang banyak aktivitas di luar ruangan dan menggunakan make up.

Supaya wajah kita benar-benar bersih, diperlukan proses yang namanya double cleansing.

Double cleansing sendiri adalah proses membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan dengan dua bahan yang berbeda untuk hasil yang maksimal. Gimana caranya? Yuk simak tahapannya berikut ini:

Langkah pertama adalah menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar seperti air (micellar water), minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser) untuk membersihkan wajah dari make-up dan kotoran seperti debu. Fungsinya adalah untuk mencegah penyumbatan pada pori-pori wajah di lapisan kulit pertama lantaran debu yang menumpuk maupun make-up yang digunakan.

Caranya sendiri cukup mudah, tuangkan cleansing oil atau micellar water ke kapas secukupnya, kemudian usap wajah secara perlahan dan menyeluruh. Jangan usap wajah dengan kasar untuk menghindari iritasi dan kulit yang terkelupas. Jika Anda merasa masih kurang bersih, Anda bisa mengulangi proses ini sekali lagi sampai kotoran benar-benar bersih.

Langkah kedua adalah mencuci wajah dengan air dan sabun pencuci wajah. Semakin lembut busa dari sabun yang Anda pakai, artinya akan semakin efektif dalam mengangkat partikel wajah dengan busa dari sabun pencuci wajah Anda.

Polusi pada wajah atau make up yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Tuangkan sedikit sabun pembersih wajah Anda ke telapak tangan kemudian gosok-gosok hingga menciptakan sedikit busa. Setelah itu aplikasikan ke wajah yang telah dibasahi dengan air. Ketika Anda yakin bahwa sabun pencuci muka telah rata di seluruh wajah, bilaslah dengan air bersih.

Langkah terakhir adalah keringkan wajah Anda dengan handuk yang bersih. Pastikan untuk membersihkannya dengan lembut ya!

Jika semua langkah ini dilakukan, maka kita bisa cukup yakin bahwa wajah Anda telah bersih sempurna.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami