7 Ide Tema Natal Kreatif Untuk Anak Sekolah Minggu

Relationship / 2 November 2022

Kalangan Sendiri

7 Ide Tema Natal Kreatif Untuk Anak Sekolah Minggu

Lori Official Writer
4671

Natal tinggal sebulan lagi. Pastinya kakak-kakak guru sekolah minggu sudah mulai mempersiapkan kegiatan Natal apa yang akan dibuat bersama anak-anak sekolah minggunya.

Biar makin menarik, kakak-kakak sekalian mungkin bisa memakai 7 tema Natal sekolah minggu ini.

1. Opera Natal

Merayakan Natal bertema opera pasti akan sangat menarik. Karena kakak-kakak bisa membuat perayaan Natal yang meriah dengan drama, tarian sekaligus lagu-lagu Natal. 

Kakak-kakak hanya tinggal memastikan jika semua anak mendapat peran di Natal ini sesuai dengan bakat yang mereka punya.

 

2. Menggabungkan drama dengan permainan

Untuk tema Natal yang satu ini, kakak-kakak bisa mencoba mengutip beberapa kisah kelahiran Yesus. Lalu jadikan kisah ini menjadi sebuah permainan. 

Contohnya, kisah Maria dan Yusuf yang pergi ke Betlehem dengan menunggangi keledai. Buatlah bagian cerita ini menjadi permainan. Bagi anak menjadi dua kelompok yang terdiri dari 3 orang. Setiap terdiri dari sepasang laki-laki dan perempuan. Sementara satu orang berperan sebagai keledai. Kemudian mereka akan memerankan perjalanan Maria dan Yusuf menyeberang ke ujung jalan. Salah satu akan menaiki keledai dan mengikuti adegan cerita. 

 

Baca Juga: 10 Games Natal Terseru Untuk Anak Sekolah Minggu

 

3. Memberi Dengan Sukacita

Ini adalah cara yang menarik untuk mengajarkan anak tentang makna Natal yang sebenarnya. Kakak-kakak bisa membuat perayaan Natal tahun ini jauh lebih berbeda. Misalnya, mengajak anak untuk melakukan aksi sosial berupa membagi-bagikan paket sembako atau kado istimewa kepada orang-orang yang ditemui di jalan atau di suatu tempat.

 

4. Lomba Kostum Natal

Tema Natal yang satu ini pasti akan sangat menarik. Kakak-kakak bisa menentukan tema kostum apa saja yang berkaitan dengan Natal. Tapi pastikan kostum kali ini bisa membuat jiwa kreativitas anak muncul ya.

 

5. Lomba Merangkai Dekorasi Natal

Permainan ini tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal. Karena kakak-kakak bisa memakai barang-barang bekas yang bisa dirangkai menjadi hiasan atau dekorasi Natal.

Nah supaya semakin seru, buatlah ini jadi semacam lomba. Jadi anak-anak perlu membuat dekorasi dengan waktu yang terbatas.

 

Baca Juga: Bukan Kado atau Sepatu Baru, Tapi Inilah Kado Natal Terindah untuk Anak Anda

 

6. Menulis Surat Natal

Ini bisa jadi cara paling sederhana namun menarik buat anak-anak di Natal tahun ini. Karena mereka bisa mengungkapkan kasihnya kepada orang lain melalui selembar surat. 

Kakak-kakak bisa saja menentukan nama orang yang akan mereka berikan surat. Tetapi bisa juga dilakukan dengan cara kreatif lainnya. 

 

7. Mengarang Lagu Natal

Pilihlah beberapa lagu Natal populer. Lalu minta anak untuk mengganti lirik lagu tersebut dengan peristiwa kelahiran Yesus.

Bagi anak ke dalam beberapa tim dan minta mereka untuk membuat karya yang terbaik.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami