Banyak Tragedi, Inikah Tanda-tanda Akhir Zaman?

Kata Alkitab / 31 October 2022

Kalangan Sendiri

Banyak Tragedi, Inikah Tanda-tanda Akhir Zaman?

Claudia Jessica Official Writer
1023

Ada begitu banyak tragedi yang terjadi di tahun 2022. Tiga diantaranya terjadi di bulan Oktober. Pertama tragedi kanjuruhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada 1 Oktober 2022. Kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan mengakibatkan 135 korban meninggal.

Kedua, Festival Halloween yang digelar di Itaewon, Korea Selatan pada 30 Oktober 2022 berubah menjadi tragedi yang mengerikan. Banyaknya orang yang hadir di Itaewon membuat mereka harus berdesak-desakan dan menyebabkan henti jantung. Akibatnya, ratusan orang menjadi korban jiwa dan ribuan lainnya dinyatakan hilang dalam tragedi ini. Presiden Korea Selatan mengumumkan masa berkabung atas tragedi Itaewon.

Ketiga, jembatan gantung yang telah berusia 100 tahun di India ambruk pada 30 Oktober 2022. Akibat dari insiden ini, ratusan orang terjatuh ke sungai yang berada di bawahnya. Berdasarkan laporan, lebih dari 100 orang hilang setelah jatuh ke sungai, dan puluhan lainnya meninggal.

Dari banyaknya tragedi yang terjadi akhir-akhir ini, muncul spekulasi masyarakat bahwa kejadian ini merupakan tanda-tanda akhir zaman, benarkah demikian?

Menurut ahli Alkitab, 80% nubuatan yang dinyatakan di Alkitab sudah tergenapi. Sedangkan sisanya, sekitar 20% merupakan nubuatan tentang akhir zaman atau kedatangan Yesus yang kedua kali, masih menunggu penggenapannya.

Banyak orang yang ingin tahu tentang tanda-tanda akhir zaman, termasuk murid-murid Yesus hingga mereka bertanya langsung kepada Yesus.

“Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?”” (Matius 24:3).

Yesus menjelaskan tentang akhir zaman kepada murid-Nya, seperti yang tertulis dalam injil Matius 24-25, Markus 13: 3-37, dan Lukas 21: 7-36. Yesus juga menegaskan hal ini dalam Markus 13:32, katanya, “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja.”

Namun, Yesus memastikan bahwa Ia akan datang kembali untuk menjemput orang yang percaya kepada-Nya seperti yang ditulis dalam Yohanes 14: 3 “Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.”

Meskipun kita tidak tahu kapan Yesus akan datang kembali ke bumi untuk yang kedua kali, Yesus mengungkapkan bahwa ada tanda-tanda yang bisa kita lihat jika waktunya sudah dekat. Selain itu, Dia juga memberikan kita peringatan-peringatan yang wajib ditaati sehingga dapat melewati berbagai kesukaran yang akan terjadi menjelang kedatangan-Nya kembali.

Apa saja ya?

#1. Kita harus waspada dan selalu berjaga-jaga

Ada dua hal yang menjadi tantangan bagi orang percaya di akhir zaman, yaitu penyesatan (Markus 13: 5-6, Matius 24: 5-6), dan penganiayaan (Matius 24: 9-10).

Sama seperti ilustrasi gadis-gadis bijaksana dalam Matius 25: 1-13, orang Kristen juga perlu mempersiapkan diri dengan membangun iman di atas dasar yang benar sehingga tidak mudah digoyahkan oleh berbagai pengajaran lain, serta tetap tegus saat mengalami penganiayaan.

Mengerti kebenaran Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus, itulah minyak yang harus kita persiapkan sebagai mempelai Kristus.

 

#2. Yesus mengajarkan kita untuk menjadi hamba yang baik dengan melipatgandakan talenta dipercayakan kepada kita (Matius 25: 14-30)

Hidup di akhir zaman, Tuhan mengajarkan kita untuk memiliki prioritas yang benar, yaitu dengan mengarahkan pandangan kita kepada-Nya dan mengerjakan apa yang sudah dipercayakan kepada kita sebaik mungkin.

Bahkan Matius 25: 31-46, kita diingatkan untuk melakukan kebaikan kepada sesama dalam segala kesempatan, terlebih lagi kepada orang-orang yang kurang beruntung. Saat kita melakukan tindakan kasih kepada mereka, artinya kita juga telah melayani Tuhan.

 

 

HALAMAN SELANJUTNYA ⇒

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami