Inilah Mukjizat yang Dilakukan Imam Besar Pertama Bangsa Israel

Fakta Alkitab / 24 October 2022

Kalangan Sendiri

Inilah Mukjizat yang Dilakukan Imam Besar Pertama Bangsa Israel

Lori Official Writer
564

Harun adalah sosok kontroversial di Alkitab, dipilih Tuhan mendampingi Musa untuk membebaskan Bangsa Israel dari Mesir, namun dalam perjalanan menuju Tanah Perjanjian ia membuat kesalahan fatal yang pada akhirnya membuat ribuan orang Israel tewas.  

 

Harun Dipilih Tuhan Menjadi Nabi Bagi Musa 

Fakta menarik disini adalah setelah Musa menyatakan berbagai alasan saat Tuhan memanggilnya untuk membebaskan bangsa Israel dari Mesir, Tuhan akhirnya menunjuk Harun mendampingi Musa (Keluaran 4:14-16). 

Tuhan memakai Harun menjadi juru bicara Musa, bahkan pada Keluaran 7:1 dengan tegas dinyatakan, “Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.” 

Selanjutnya, ketika Musa mencoba meyakinkan bangsa Israel dan menghadapi Firaun, Harun yang menjadi juru bicaranya dan bahkan melakukan berbagai mujizat bagi Musa, seperti melemparkan tongkat menjadi ular dan membuat air menjadi darah. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Pemimpin Bangsa Israel yang Mau Dibunuh oleh Tuhan

 

Harun Imam Besar Israel Pertama 

Harun adalah Imam Besar pertama Israel. Dia dan keturunannya dipilih khusus oleh Tuhan untuk menjadi Imam, dari seluruh kaum Lewi (Keluaran 28:1).  

Harun adalah kakak laki-laki Musa, dia 3 tahun lebih tua dari Musa (Keluaran 7:7). Istrinya bernama Eliseba, anak perempuan Aminadab dan mereka memiliki 4 orang anak laki-laki, yaitu Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar (Keluaran 6:23).

Namun Nadab dan Abihu tewas disambar api Tuhan karena mereka mempersembahkan dupa dengan api asing (Imamat 10:1-5). Hal ini membuat jabatan Imam Besar diteruskan oleh Eleazar. Keturunan Harun terus menjadi Imam Besar, hingga kehancuran Bait Allah ke dua pada tahun 70 Masehi.  

 

Kesalahan Harun

Harun sebagai seorang Imam Besar membuat beberapa kesalahan yang fatal. 

Yang pertama adalah ia mengikuti desakan  dari orang Israel dan  membuat lembu emas (Keluaran 32). Saat itu Musa sedang di atas gunung selama 40 hari, dan bangsa Israel kuatir bahwa Musa tidak akan turun lagi. Tidak bisa menenangkan bangsa Israel, Harun mengikuti kemauan mereka, dibuatnya lembu emas dan bahkan membuat perayaan dan membakar kurban di depan patung tersebut. Ketika ditanya Musa, ia melemparkan kesalahan pada bangsa Israel yang mendesaknya (Keluaran 32:22-24). Akibatnya karena hal ini 3000 orang Israel tewas dibunuh oleh orang Lewi. Walau demikian tidak tertulis Harun mendapat hukuman karena kejadian ini.  

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Fakta Alkitab | Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami