Inilah Mukjizat yang Dilakukan Imam Besar Pertama Bangsa Israel
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 24 October 2022

Kalangan Sendiri

Inilah Mukjizat yang Dilakukan Imam Besar Pertama Bangsa Israel

Lori Official Writer
3061

Harun adalah sosok kontroversial di Alkitab, dipilih Tuhan mendampingi Musa untuk membebaskan Bangsa Israel dari Mesir, namun dalam perjalanan menuju Tanah Perjanjian ia membuat kesalahan fatal yang pada akhirnya membuat ribuan orang Israel tewas.  

 

Harun Dipilih Tuhan Menjadi Nabi Bagi Musa 

Fakta menarik disini adalah setelah Musa menyatakan berbagai alasan saat Tuhan memanggilnya untuk membebaskan bangsa Israel dari Mesir, Tuhan akhirnya menunjuk Harun mendampingi Musa (Keluaran 4:14-16). 

Tuhan memakai Harun menjadi juru bicara Musa, bahkan pada Keluaran 7:1 dengan tegas dinyatakan, “Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.” 

Selanjutnya, ketika Musa mencoba meyakinkan bangsa Israel dan menghadapi Firaun, Harun yang menjadi juru bicaranya dan bahkan melakukan berbagai mujizat bagi Musa, seperti melemparkan tongkat menjadi ular dan membuat air menjadi darah. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Pemimpin Bangsa Israel yang Mau Dibunuh oleh Tuhan

 

Harun Imam Besar Israel Pertama 

Harun adalah Imam Besar pertama Israel. Dia dan keturunannya dipilih khusus oleh Tuhan untuk menjadi Imam, dari seluruh kaum Lewi (Keluaran 28:1).  

Harun adalah kakak laki-laki Musa, dia 3 tahun lebih tua dari Musa (Keluaran 7:7). Istrinya bernama Eliseba, anak perempuan Aminadab dan mereka memiliki 4 orang anak laki-laki, yaitu Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar (Keluaran 6:23).

Namun Nadab dan Abihu tewas disambar api Tuhan karena mereka mempersembahkan dupa dengan api asing (Imamat 10:1-5). Hal ini membuat jabatan Imam Besar diteruskan oleh Eleazar. Keturunan Harun terus menjadi Imam Besar, hingga kehancuran Bait Allah ke dua pada tahun 70 Masehi.  

 

Kesalahan Harun

Harun sebagai seorang Imam Besar membuat beberapa kesalahan yang fatal. 

Yang pertama adalah ia mengikuti desakan  dari orang Israel dan  membuat lembu emas (Keluaran 32). Saat itu Musa sedang di atas gunung selama 40 hari, dan bangsa Israel kuatir bahwa Musa tidak akan turun lagi. Tidak bisa menenangkan bangsa Israel, Harun mengikuti kemauan mereka, dibuatnya lembu emas dan bahkan membuat perayaan dan membakar kurban di depan patung tersebut. Ketika ditanya Musa, ia melemparkan kesalahan pada bangsa Israel yang mendesaknya (Keluaran 32:22-24). Akibatnya karena hal ini 3000 orang Israel tewas dibunuh oleh orang Lewi. Walau demikian tidak tertulis Harun mendapat hukuman karena kejadian ini.  

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Yang kedua, Harun bersama Miryam saudara perempuannya mempertanyakan kepemimpinan Musa. Hal ini terjadi setelah Musa mengambil seorang perempuan Kush menjadi isterinya (Bilangan 12). Pada kejadian ini, Tuhan sendiri melakukan pembelaan terhadap Musa, dan menghukum Miryam dengan seketika mengalami kusta. Harun memohon kepada Musa untuk mau memaafkan mereka dan meminta kesembuhan bagi Miryam kepada Tuhan. Pada kejadian inipun tidak dituliskan Harun mendapatkan hukuman.

 

Baca Juga: Pernah Jadi Budak, Tokoh Alkitab Ini Terpilih Sebagai Pasukan Penakluk Tangguh

 

Peristiwa ketiga adalah saat Harun dan Musa menghadapi bangsa Israel yang bersungut-sungut karena tidak ada air saat melewati padang gurun Zin di daerah Kadesh (Bilangan 20:2-13). Saat itu Musa dan Harun diperintahkan Tuhan untuk berkata kepada gunung batu itu agar mengeluarkan air, namun karena emosi, Musa memukulkan tongkatnya sehingga air keluar. Karena peristiwa ini Musa dan Harun tidak bisa memasuki Tanah Perjanjian.  

Banyak ahli melihat sosok Harun sebagai saudara Musa dan juga sebagai seorang Imam Besar adalah seorang pribadi yang mudah dipengaruhi. Ia tidak memiliki kepemimpinan yang kuat seperti Musa yang bisa mengarahkan bangsa Israel untuk terus berpaut pada Tuhan. 

Dalam Ibrani 5: 1-4 menjelaskan bahwa Harun sebagai Imam Besar pilihan Allah sendiri memiliki kelemahan dan harus mempersembahkan korban penghapus dosa, bukan hanya untuk umat Israel namun juga bagi dirinya sendiri.  

Dengan mengenal sosok Harun sebagai Imam Besar kita bisa semakin mengerti pentingnya pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Yesus adalah Imam Agung kita, yang menjadi perantara kita umat yang berdosa dengan Allah. 

Melalui pengorbanan Yesus Kristus, dimana darah-Nya tercurah bagi dosa kita, maka kita bisa menerima penebusan (Ibrani 9:11-12). Oleh karena Yesus, Imam Agung kita, maka setiap orang yang percaya kepada-Nya dapat datang dengan penuh keberanian kepada tahta kasih karunia Allah (Ibrani 4:14-16). 

 

Baca Juga: 4 Tokoh Alkitab yang Menyelamatkan Israel dari Kemusnahan

 

Apa pendapatmu tentang sosok Harun yang di bahas oleh Fakta Alkitab kali ini? Tulis di kolom komentar ya. Anda juga bisa mengajukan saran topik apa yang perlu dibahas di Fakta Alkitab.  

 

 

Temukan beragam konten inspiratif kami yang lain dengan mengikuti berbagai platform media sosial di IG @jawaban, Twitter @jawaban, FB @jawabandotcom dan Youtube Jawaban Channel.

Sumber : Fakta Alkitab | Jawaban Channel
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami