3 Landasan Alkitabiah Pelayanan CBN Indonesia untuk Generasi Anak

Kata Alkitab / 13 October 2022

Kalangan Sendiri

3 Landasan Alkitabiah Pelayanan CBN Indonesia untuk Generasi Anak

Lori Official Writer
694

Selama 23 tahun pelayanannya di Indonesia, Yayasan Cahaya Bagi negeri (CBN) Indonesia (bersama dengan Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI) terus mengembangkan pelayanannya dalam menggenapi visi pelayanan ini yaitu agar semua suku bangsa Indonesia mendengar Injil Kristus, dan menerima keselamatan secara utuh sebelum kedatangan Tuhan yang kedua kalinya. 

Misinya adalah untuk memberitakan kabar keselamatan dan menyatakan kasih Kristus kepada bangsa Indonesia melalui pelayanan media dan pelayanan kemanusiaan dengan cara yang kreatif dan kontekstual.

Dengan itu, CBN Indonesia bersinergi dengan gereja-gereja lokal dan fokus selama tahun 2020 hingga 2030 untuk membuat murid bagi seluruh bangsa (Making Disciples of All Nations). Fokus utamanya adalah pelayanan pemuridan generasi anak diantaranya:

1. Super5 = 0-5 tahun

2. School of Life & Superbook = 6-12 tahun

3. Superyouth = 13-18 tahun

4. The Parenting Project = 19-34 tahun ke atas

“Pada Januari 2020 CBN di Asia Tenggara mendeklarasikan visi untuk satu dekade, yang fokus kepada memuridkan semua bangsa. Kita juga tahu bahwa siapapun bisa menjadi pengikut Yesus, yang selalu paling mudah adalah yang termuda. Semakin bertambah usia, semakin sulit untuk memuridkan. Ini adalah sifat alamiah manusia. Gereja lokal adalah eklesia Tuhan dan mereka dapat membuat murid dengan sangat baik,” terang Ketua Yayasan CBN Indonesia Mark McClendon.

Untuk menjalankan pelayanan media yang efektif, CBN Indonesia membangun sebuah ekosistem pelayanan yang menyeluruh yang disebut dengan Holistic Disciple Making Ecosystem (HDME), dimana pelayanan pemuridan ini juga bisa berdampak secara menyeluruh kepada komunitas lokal (orang tua, keluarga dan masyarakat lokal). Untuk mencapai misi ini, CBN Indonesia bekerja sama dengan pelayanan kemanusiaan OBI dalam menyediakan pelayanan kesehatan dan bantuan pemberdayaan modal usaha (medical and hunger relief microenterprise).

 

Baca Juga: 5 Pilar Penting Dalam Pemuridan di Gereja Lokal

 

Dalam prosesnya, pelayanan generasi anak CBN ini dikerjakan melalui 3 landasan alkitabiah yaitu:

1. Perintah Tuhan (The Command)

“Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu. Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun; engkau harus menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu, supaya panjang umurmu dan umur anak-anakmu di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepada mereka, selama ada langit di atas bumi.” (Ulangan 11: 18-21)

Ini adalah perintah yang disampaikan Tuhan kepada umat-Nya yaitu supaya umat-Nya, gereja-Nya, bapa-bapa/orang tua membuat murid.

Mandat membuat murid ini juga sangat jelas disampaikan di Mazmur 78: 4-7, bahwa gereja Tuhan harus membuat murid untuk tiga generasi.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami