5 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Kata Dokter Bisa Lawan Radikal Bebas?

Health / 13 October 2022

Kalangan Sendiri

5 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Kata Dokter Bisa Lawan Radikal Bebas?

Claudia Jessica Official Writer
675

Ketumbar, salah satu rempah-rempah yang seringkali digunakan sebagai bumbu memasak ini rupanya punya manfaat yang cukup banyak lho!

Berasal dari antioksidan dan minyak atsirinya, biji ketumbar mengandung berbagai nutrisi yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam biji ketumbar antara lain antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, seng, tembaga, fosfor, folat, dan mangan.

Nah, apa saja sih manfaat ketumbar bagi kesehatan tubuh?

 

1. Melawan radikal bebas

Senyawa fitokimia yang terkandung dalam ketumbar seperti quercetin, flavonoid, terpinene, dan lutein mengandung antioksidan yang cukup kuat untuk melawan efek radikal bebas pada tubuh. Zat antioksidan yang terkandung dalam biji ketumbar berperang penting dalam mengurangi peradangan dan menurunkan resiko berbagai penyakit seperti diabetes dan kanker.

 

BACA JUGA: Tak Banyak Yang Tahu. Begini Caranya Agar Ketumbar Bermanfaat Bagi Kesehatan Kita!

 

2. Menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat

Ekstrak dari biji ketumbar mampu bertindak sebagai diuretik, yang membantu tubuh manusia untuk membuang zat beracun, kelebihan air dan natrium dari dalam tubuh yang dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung.

 

3. Melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh

Ketumbar mengandung senyawa yang bersifat antibakteri atau antimikroba yang disebut dodecanal. Dodecanal ini mampu melawan dan membasmi bakteri yang biasanya menyebabkan diare maupun keracunan makanan, yaitu E.coli dan Salmonella. Selain itu, dodecanal juga mampu melawan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami