Inilah Nama Setan-setan di Dalam Alkitab, Ada Pemimpin Tertingginya Lho!

Fakta Alkitab / 10 October 2022

Kalangan Sendiri

Inilah Nama Setan-setan di Dalam Alkitab, Ada Pemimpin Tertingginya Lho!

Lori Official Writer
736

Nama Beelzebub muncul pertama kali dalam 2 Raja-Raja 1 yang menceritakan kisah Raja Ahazia dari Israel yang jatuh dari serambi kamar lantai atas di Samaria. Ahazia sepertinya sakit cukup serius akibat kecelakaan itu. Sehingga Dia mengirim utusan untuk menanyakan kesehatannya pada Beelzebub, Dewa yang disembah orang Filistin di Kota Ekron. 

Anda juga bisa menemukan nama Beelzebub muncul dalam Perjanjian Baru di Injil Lukas, Matius, dan Markus. Orang Farisi pernah menuduh Yesus kerasukan Beelzebub karena mereka menganggap Yesus melakukan banyak mujizat penyembuhan dengan kuasa Pemimpin Setan itu. Orang Yahudi memang menyebut bahwa Beelzebub memiliki posisi tinggi di dunia roh kegelapan. Nama Beelzebub sendiri berasal dari bahasa Ibrani bá`al zebūb, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi "penguasa lalat".

 

Baca Juga: Nabi Ini Bongkar Ilmu Sakti Nabi-nabi Baal

 

Beelzebub adalah salah satu nama dari banyak nama Setan yang bisa ditemukan dalam Alkitab. Selain itu adalah Abadon atau Apolion. Apolion adalah sebutan bagi "malaikat jurang maut" dalam bahasa Yunani. Sedangkan Dalam bahasa Ibrani disebut sebagai Abadon (Wahyu 9:11).

Kata Apolion berasal dari bahasa Yunani apollýōn, yang merupakan bagian dari kata kerja apollýnai yang berarti ”menghancurkan”. Nama Abadon berasal dari bahasa Ibrani bhaddōnōn, yang berarti “penghancuran.” Jadi sebagaimana penggambaran dalam Kitab Wahyu, maka tugas mereka adalah menghancurkan kehidupan manusia di akhir jaman.

Yesus menggunakan istilah mamon untuk merujuk pada keserakahan dan keinginan membabi buta akan kekayaan (Matius 6:24. Pernyataan Yesus bahwa manusia tidak mungkin melayani Tuhan dan mammon sekaligus, menunjukkan bahwa mamon bisa menjadi media Iblis untuk mengalihkan perhatian manusia dari Tuhan. Maon bisa memenuhi keinginan orang untuk kaya dan terobsesi dengan kekayaan itu. Kata Mammon berasal dari bahasa Aram māmōnā, yang berarti “kekayaan” atau “kemakmuran”.

Perjanjian Lama menyebut naga yang juga dimaknai sebagai iblis dengan sebutan sebagai Tannin, Leviathan, dan Rahab.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Fakta Alkitab
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami