Jangan Ingat-ingat Lagi Masa Lalumu, Melangkahlah Maju

Jangan Ingat-ingat Lagi Masa Lalumu, Melangkahlah Maju

Lori Official Writer
      656

1 Petrus 1: 23

Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 5; Matius 5; Kejadian 9-10

Pernah gak sih Anda melakukan hal yang memalukan? Jujur, saya pernah.

Bisa dibilang hampir semua masa kecil saya penuh dengan momen memalukan. Saya masih ingat kejadian ketika saya muntah selama ujian Bahasa Inggris. Saya juga pernah tersandung saat bermain sky dan menyebabkan sepuluh orang jatuh beruntun. 

Momen yang paling buruk adalah otak Anda tidak bisa melupakan kejadian tersebut.

Bukan saja sulit melupakan hal-hal sulit tersebut, tapi kita juga terngiang-ngiang akan kebodohan yang kita lakukan tersebut. 

Ada banyak dari kita menyesali banyak hal yang terjadi dalam hidup kita. Semua itu bisa jadi terjadi karena kita bertindak egois atau kasar dan orang lain menjadi terluka. 

Tahukah Anda, iblis suka memakai kesalahan masa lalu kita untuk menyerang iman kita. Itu adalah senjata yang paling mereka sukai. Dia akan selalu menunggu sampai kita lengah, lalu memanfaatkan kesalahan kita dan memainkannya dalam hidup kita.

 

Baca Juga:

Resolusi Tahun 2022: Menjadi Berfungsi Bagi Kerajaan Tuhan

Tepis Ketakutan, Hadapi Tahun yang Baru Dengan Penuh Senyuman

 

Di saat-saat seperti inilah saya selalu mengingatkan diri saya lewat 2 Korintus 5: 17-19 tentang kebenaran firman Tuhan.

“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 

Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. 

Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.”

Saat kita memilih untuk mengikut Kristus, kesalahan masa lalu (dosa) kita akan diampuni. Semua kebodohan, kesalahan dan tindakan memalukan yang kita lakukan sudah diampuni oleh Tuhan. Dia tidak ingin kita mengingat-ingat hal itu lagi. 

Jadi jangan biarkan si iblis membuat Anda mengingat-ingat kesalahan atau kejadian memalukan Anda di masa lalu. Karena Anda adalah anak Tuhan dan Dia tidak akan pernah memandang Anda sebagai pribadi yang cacat atau tidak sempurna.

Hari ini ambil waktu untuk mengingat-ingat kejadian apa di masa lalu yang masih sulit Anda lupakan. Serahkan setiap kejadian itu di hadapan Tuhan, mintalah pengampunan dan berkomitmenlah untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Di tahun yang baru ini, tinggalkanlah segala beban masa lalu Anda dan melangkahlah dengan hati, pikiran dan semangat yang baru.

 

Hak cipta Ryan Duncan, disadur dari Crosswalk.com

 


 

Anda diberkati dengan renungan harian kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR

Ikuti Kami